Home » Featured » Open House Fakultas Kedokteran Universitas Udayana – 24 Februari 2012

Open House Fakultas Kedokteran Universitas Udayana – 24 Februari 2012

Fakultas Kedokteran adalah fakultas favorit di lingkungan Universitas Udayana. Bahkan juga menjadi unggulan Universitas Udayana di tingkat nasional dan internasional. Hal ini dapat terlihat dari tingginya peminat yang mendaftarkan diri untuk dapat diterima sebagai mahasiswa, termasuk juga calon mahasiswa dari luar negeri; Malaysia. Sebagai institusi yang mengedepankan kualitas, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) berusaha menjamin keterbukaan informasi termasuk kejelasan tentang proses rekrutmen, proses belajar mengajar dan berbagai informasi lain yang dibutuhkan masyarakat. Keterbukaan informasi ini diharapkan dapat mengurangi distorsi informasi yang terjadi di masyarakat, terutama tentang proses rekrutmen, pembiayaan kuliah dan beberapa kebijakan dalam proses pendidikan di FK Unud. Yang belum banyak masyarakat mengetahui juga adalah saat ini Fakultas Kedokteran tidak hanya mengelola Program Studi Pendidikan Dokter, tetapi juga ada empat program studi unggulan lain yang juga akan terus diperkenalkan ke masyarakat yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan, Program Studi Ilmu Psikologi, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Program Studi Fisioterapi.

Strategi yang ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut adalah mempertemukan secara langsung pengelola fakultas dengan peminat atau para calon mahasiswa, penyampaian informasi penting secara jelas melalui pameran dan pengenalan kegiatan-kegiatan yang ada di FK Unud, yang dikemas dalam bentuk kegiatan “Open House”. Open House FK Unud adalah rangkaian kegiatan yang terdiri dari pameran pendidikan, pengenalan kegiatan kemahasiswaan dan diskusi antara pengelola fakultas dengan peminat FK Unud, baik siswa maupun orang tuanya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kejelasan informasi dan memberikan gambaran secara utuh kegiatan pendidikan di FK Unud. Kejelasan informasi ini akan memberdayakan calon siswa dan bahkan orang tuanya sebelum memasuki jenjang pendidikan tinggi. Pemberdayaan ini termasuk memberikan wawasan dan pengetahuan sebelum mereka melakukan pilihan sehingga pilihan untuk masuk FK Unud merupakan pilihan cerdas yang dilakukan berdasarkan pertimbangan yang matang.

Tujuan Kegiatan

  1. Memberikan informasi kepada masyarakat umum dan peminat FK Unud tentang proses rekrutmen, proses belajar mengajar, dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di lingkungan FK Unud.
  2. Memberikan kesempatan kepada masyarakat dan peminat FK Unud untuk mendapatkan kejelasan atas berbagai distorsi informasi dari pengelola fakultas secara langsung.

Tempat dan Waktu

Kegiatan Open House ini bertempat di Gedung FK Unud dan rencananya akan dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 24 Februari 2012

Jenis Kegiatan

1.   Tour Fasilitas Pendidikan/ Kegiatan Belajar Mahasiswa

Di sini akan dipaparkan mengenai apa saja program studi yang ada di FK Unud, bagaimana proses rekrutmen, kegiatan perkuliahan, sistem evaluasi, kelulusan dan hal-hal akademik lainnya. Termasuk bagaimana setelah lulus nanti.

2.   Diskusi terbuka dengan pimpinan fakultas

Diskusi akan dilakukan antara pengelola fakultas atau pimpinan dengan pengunjung yang berminat. Diskusi akan dipandu moderator dan memberikan kesempatan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam dari pihak pengelola fakultas tentang berbagai isu yang berkembang di masyarakat terkait pendidikan kedokteran di FK Unud.

3.   Pengenalan kegiatan kemahasiswaan

Banyak kegiatan yang dilakukan mahasiswa di luar jam kuliah yang nantinya bisa menyalurkan hobi, kepedulian dan kemampuan empati sebagai seorang dokter atau praktisi kesehatan. Kegiatan dan organisasi peduli AIDS, peduli kanker, jurnalistik, pecinta alam, dan bantuan medis, kelompok ilmiah dan lain-lain akan ditampilkan.

Peserta

Kegiatan ini diharapkan dihadiri oleh siswa SMA peminat FK Unud, guru-guru pembina dari SMA, orang tua calon mahasiswa dan semua kalangan yang tertarik akan informasi tentang FK Unud.

Tinggalkan komentar