Mr. Potato Dengan Manfaat dan Cara Menyimpannya

Kentang merupakan salah satu bahan pangan yang mengenyangkan saat disantap karena kentang mengandung karbohidrat kompleks. Manfaat kentang untuk diet juga terbilang cukup signifikan dalam menurunkan berat badan. Maka jangan heran jika banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai menu utama diet jika dibandingkan dengan nasi. Selain untuk diet, kentang juga memiliki manfaat lainnya, seperti berikut.

  1. Mencegah Penyakit Jantung dan Hipertensi

Dengan rajin mengkonsumsi kentang, maka dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan umbi kentang mengandung zat anthocyanin, vitamin B6, vitamin C, kalium yang berguna dalam mendukung terapi atau pengobatan terhadap pasien penderita sakit jantung kronis karena dapat menurunkan kadar homosistein dan kolesterol. Pakar kesehatan bernama Shilpa Arora menyebutkan bahwa umbi kentang mengandung 100 kalori, tergantung bagaimana mengolahnya. Jika direbus, maka manfaat yang didapatkan akan semakin besar karena kandungan gizinya tetap terjaga. Berbeda dengan digoreng, yang akan membuat kentang memiliki kandungan kolesterol. Riset membuktikan bahwa kentang sangat baik untuk dikonsumsi oleh pengidap hipertensi atau darah tinggi.

  1. Anti Inflamasi

Dalam buku berjudul Healing Foods disebutkan, bahwa kentang memiliki efek anti inflamasi (anti radang) yang berfungsi untuk membantu mengeringkan radang atau luka dalam. Seperti saluran pencernaan tubuh manusia memang sangat rentan mengalami luka dalam, maka bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kentang sebagai pengobatannya. Kandungan mineral, kalium, vitamin B, vitamin C dan serat pada kentang akan mengatasi gangguan pada pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium pada kentang memiliki pengaruh dalam menjaga kesehatan tulang dan melindunginya dari proses pengeroposan usia dini. Bukan hanya itu, kentang juga mengandung magnesium dan fosfor yang terbukti sangat dibutuhkan oleh tulang.

  1. Mengatasi Jerawat

Kandungan vitamin B6 dalam kentang berfungsi mengobati jerawat. Sedangkan anti inflamasi nya akan meredakan bengkak dan perih akibat jerawat meradang. Caranya juga mudah, cukup iris kentang lalu tempelkan pada kulit berjerawat.

  1. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin B yang ada pada kentang berkhasiat menutrisi kulit sehingga regenerasi kulit berjalan lancar. Pemakaian masker kentang secara teratur dapat membantu menghaluskan dan melindungi kelembapan kulit tubuh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Selain mencerahkan dan menghaluskan kulit, dengan mengaplikasikan masker kentang secara rutin pada wajah akan membantu menyamarkan garis halus dan kerutan.

Ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam menyimpan kentang agar tetap memberikan kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kita mungkin pernah berpikir, makanan yang disimpan dalam kulkas tidak mudah busuk dan lebih tahan lama. Nyatanya, tak semua bahan makanan terjaga kualitasnya ketika disimpan dalam kulkas, salah satunya kentang. Laman Reader’s Diggest dalam artikelnya menyebut, suhu lemari es yang lebih dingin dapat mengubah pati dalam kentang menjadi gula.
Ketika pati sudah berubah jadi gula, ini akan menyebabkan reaksi kimia berbahaya ketika kentang dimasak.

Food Standard Agency menjelaskan bahwa ketika kentang yang disimpan di lemari es ini dipanggang atau digoreng, gula tersebut akan bergabung dengan asam amino asparagin. Reaksi tersebut akan menghasilkan senyawa kimia acrylamide. Acrylamide adalah karsinogen genotoksik yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Hanya saja, FSA mengatakan bahwa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang efek jangka.panjang.dari.konsumsi.acrylamide.yang.banyak. Dibandingkan menyimpan kentang di lemari es, simpanlah kentang dalam kantung kertas di tempat yang sejuk dan gelap.

Editor : Bayu Mahendra

 

Sumber:

http://www.abuelaskitchen.com/kentang-dikenal-lezat-dan-memiliki-manfaat/

https://www.manjadda.com/manfaat-kentang

https://www.dokter.id/berita/manfaat-kentang-bagi-kesehatan

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/23/100000120/sadarilah-bahaya-simpan-kentang-di-dalam-kulkas.
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160321100422-262-118697/alasan-kesehatan-mengapa-kentang-tak-boleh-disimpan-di-kulkas

Tinggalkan komentar