Home » Featured » Menyongsong Tahun Baru Imlek 2014

Menyongsong Tahun Baru Imlek 2014

gong-xi-fa-cai-wallpapers-dragon-cars-pictures-2014012060821

Berbagai ornamen-ornamen oriental mulai dari lampion, bunga-bunga, goresan tulisan mandarin, hingga pakaian bernuansa merah, telah ramai menghiasi tempat-tempat hiburan dan pusat perbelanjaan. Hal tersebut tentunya tidak mengherankan karena kurang dari 24 jam lagi, seluruh warga negara Cina dan keturunannya dimanapun mereka berada, akan merayakan tahun baru Imlek 2014 yang merupakan tahun kuda kayu.

Kuda kayu? Apa hubungannya dengan tahun baru?

Jadi, kalender tahunan yang digunakan oleh bangsa Cina sejak jaman dahulu kala diwakilkan oleh “Shio”. Shio ini merupakan simbol dari 12 ekor hewan yang mewakili konsep siklus waktu. Siklus waktu dalam kalendar Cina dibuat berdasarkan siklus dari bulan dan dibangun dalam format berbeda dari kalendar Barat yang berbasis matahari. Oleh karena itu, tahun baru imlek dalam bahasa Inggris disebut sebagai Chinese Lunar Day. Kedua belas hewan shio tersebut berdasarkan urutannya adalah tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. Untuk tahun 2014 ini, jatuh pada tahun kuda dan kayu merupakan elemen yang dibawa oleh kuda tersebut.

680021

Lantas, bagaimana urutan hewan-hewan tersebut bisa muncul seperti itu?

Sebenarnya banyak sekali cerita legenda mengenai bagaimana urutan shio yang muncul, akan tetapi cerita yang saya angkat berikut merupakan cerita yang paling popular di kalangan etnis Tionghua. Setiap shio diurutkan berdasarkan mitos Jade Emperor(sang pencipta/Tuhan) dan makhluk yang paling disenanginya, yaitu tikus. Saat itu, Ia  bingung bagaimana mengukur dan membatasi siklus waktu. Atas usulan si tikus, diadakanlah perlombaan adu cepat untuk menyebrang sungai. Urutan hewan yang datang, akan menjadi urutan tahun pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

Pada awalnya selain kedua belas hewan yang telah disebutkan, ada kucing yang mengikuti perlombaan tersebut. Kucing dan tikus yang tidak bisa berenang, menumpang pada kerbau untuk menyebrang sungai. Di tengah sungai, tikus mendorong kucing ke tengah sungai. Kucing yang tidak bisa berenang, berusaha untuk tidak tenggelam dan melawan arus sungai tersebut. Ketika itu, tikus dan kerbau telah hampir sampai di sebrang sungai dan tikus terlebih dahulu melompat dari tubuh kerbau sehingga tikuslah yang pertama kali sampai. Demikian tikus menjadi urutan tahun yang pertama disusul oleh kerbau. Macan yang kuat tiba di urutan ketiga dan dilanjutkan oleh kelinci yang lincah melompat-lompat di batang-batang kayu yang tersebar di sekitar sungai. Naga tiba di urutan kelima karena kebaikan hatinya untuk menurunkan hujan terlebih dahulu karena musim itu manusia sedang membutuhkan air yang banyak. Setelah naga, datanglah ular dan kuda. Kambing, monyet, ayam datang dengan menggunakan rakit, dan babi yang sempat ketiduran datang terlambat di urutan ke-12. Setelah 12 hewan itu tiba di sebrang sungai, kucing yang didorong oleh tikus, akhirnya bisa tiba juga di sebrang sungai. Namun, kucing terlambat karena Jade Emperor telah menutup perlombaan adu cepat tersebut. Sejak saat itulah hingga sekarang, cerita ini juga menjadi cerita legenda bagaimana kucing menjadi musuh bebuyutan tikus.

Setelah mengetahui sedikit tentang legenda Shio, tahun baru Imlek masih kurang lengkap rasanya tanpa adanya ramalan keberuntungan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut merupakan peruntungan tahun kuda kayu 2014. Untuk yang ber-Shio Kuda –lahir di tahun 2002, 1990, 1978, 1966, dan sebelumnya(dikurangi setiap 12 tahun)– tahun kuda ini berarti ada kepemimpinan yang dihubungkan dengan shio ini, jadi otoritas Anda mungkin meningkat. Akan tetapi, sikap impulsif kuda bisa membawa orang bershio kuda kepada sikap yang ceroboh.

Bidang pekerjaan: bagi yang dapat memegang kepemimpinan akan melakukan tugasnya dengan baik. Bisnis seperti pasar saham kurang cocok di tahun ini.

Kesejahteraan: Hargailah pemasukan atau penghasilan yang telah Anda miliki. Jangan berfoya-foya dan mengharapkan banyak uang datang kepada Anda.

Hubungan: Tidak terlalu ada hal-hal yang menarik atau kejutan dalam kehidupan asmara. Bila Anda sedang bertunangan, Anda mungkin berkeinginan untuk menunda pernikahan hingga tahun depan.

Kesehatan: Jagalah baik-baik kesehatan Anda tahun ini atau Anda akan mudah sakit. Prioritaskan istirahat.

Akhir kata, LPM PCYCO FK Unud mengucapkan “Selamat Tahun Baru Imlek 2014! Xin Nian Kuai Le, Gong Xi Fa Cai!” (Febri)

Tinggalkan komentar