Home » Artikel » Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental, ”Chromotherapy” Salah Satu Caranya

Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental, ”Chromotherapy” Salah Satu Caranya

Macam-macam warna

Macam-macam warna

Denpasar, injeksionline.com Semua keindahan yang ada di dunia ini hadir dengan memiliki beragam jenis warna yang membuat tampilan dunia jauh lebih indah. Dunia terdiri dari berbagai macam warna yang ternyata melambangkan pula kesehatan manusia. Banyak yang tidak menyadari betapa warna memiliki peran besar sehingga ekspresi perasaan bisa diwakili oleh mereka. Warna memiliki energi tertentu di dalamnya, semacam kemampuan untuk menentukan perasaan kita. Setiap warna kemungkinan akan membangkitkan emosi yang berbeda dalam diri Anda.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa warna mampu mempengaruhi suasana hati dan pikiran Anda. Oleh karena itu diciptakanlah terapi warna atau yang disebut dengan chromotherapy. Sekitar 2000 SM. Terapi ini menggunakan beberapa spektrum warna utama menciptakan keseimbangan kesehatan tubuh serta pikiran.

Warna mempengaruhi bagaimana kita merasa dan juga terkait dengan banyak emosi. Penggunaan warna sebagai terapi telah mulai dilakukan sejak jaman Mesir kuno. Mereka menggunakan warna yang berbeda untuk memperoleh efek yang diinginkan. Para peneliti bahkan telah membuktikan ada hubungan antara warna dengan kepribadian dan bagaimana warna tertentu mampu menjadi sarana ekspresi diri si pemakainya.

Di era modern, awal tahun 1900-an merupakan masa popularitas uji warna Max Luescher. Terdapat banyak orang yang menjalaninya dan menggunakan prinsip-prinsip terapi warna untuk membawa perubahan positif dalam hidup mereka. Berikut adalah beberapa pengaruh warna bagi kesehatan :

  1. Merah merupakan salah satu warna yang memancarkan panas, semangat, energi, dan kehangatan. Warna merah mengakibatkan hemoglobin mampu berproduksi dengan cepat yang sehingga melepaskan energi yang menyebabkan adrenalin dan suhu tubuh meningkat, serta mencegah infeksi. Sehingga dengan terapi menggunakan warna merah ini kamu akan menjadi lebih sehat dan bersemangat menjalani hari-hari.
  1. Oranye adalah warna yang menyenangkan serta menyimbolkan kebebasan. Oleh karena itu warna ini mewakili pengurangan emosi negatif, meningkatkan kreativitas, serta meningkatkan kesejahteraan mental.
  1. Kuning adalah warna yang mampu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental Anda. Melihat warna ini mampu memperkuat pikiran, meningkatkan daya ingat, merangsang tumbuhnya inspirasi, serta menenangkan saraf.
  1. Hijau merupakan warna yang sangat berkaitan dengan alam sehingga dapat memberikan keseimbangan kesehatan. Warna ini mampu memperkuat jantung, paru-paru, dan sistem pernapasan. Melihat warna ini juga dapat menenangkan saraf, mencegah kepanikan, serta meningkatkan regulasi sel dan jaringan.
  1. Biru dalam dunia kesehatan berkaitan dengan kesehatan tenggorokan dan memiliki efek yang menenangkan. Warna ini mampu menurunkan demam, mengurangi penyakit yang berhubungan dengan komunikasi, serta menghentikan pendarahan.
  1. Warna ungu sering dikaitkan dengan kesehatan pikiran. Oleh karena itu warna ini identik dengan meditasi dan ketenangan.
  1. Putih adalah warna yang dilambangkan dengan kemurnian serta keutuhan. Warna ini mampu memberikan Anda perasaan damai, nyaman, serta bersih.

Warna dapat digunakan sebagai media penyembuhan pikiran, tubuh, dan jiwa yang sering disebut dengan chromotherapy. Setiap warna memiliki frekuensi berbeda dan membawa cara penyembuhan yang spesifik. Sehat secara fisik maupun mental akan mampu terwujud apabila semua aspek mampu saling mendukung, salah satu contohnya adalah terapi warna ini.

Oleh : Diah Andini

Sumber :

http://www.merdeka.com/sehat/8-warna-ini-mampu-cerahkan-kesehatan-tubuh.html (8 Oktober 2014)

http://intisari-online.com/read/pengaruh-warna-terhadap-kesehatan-tubuh-1 (8 Oktober 2014)

Tinggalkan komentar