Home » Artikel » Menggunakan Komputer atau Laptop. Apa keuntungan dan kerugiannya?

Menggunakan Komputer atau Laptop. Apa keuntungan dan kerugiannya?

Apakah teman-teman sering menggunakan komputer atau laptop? Atau mungkin kalian adalah salah satu dari sekian orang yang tidak bisa lepas dari barang elektronik ini? Perkembangan teknologi yang pesat dan pengaruh globalisasi menjadikan komputer atau laptop bukan lagi menjadi pelengkap, melainkan menjadi suatu kebutuhan. Pengguna komputer sendiri paling banyak adalah pegawai kantoran dan mahasiswa. Penggunaan komputer sangat membantu aktivitas kita sehari-hari, namun apakah kalian tahu bahwa komputer atau laptop juga dapat merugikan kita? 

Menurut beberapa penelitian, penggunaan komputer yang terlalu sering dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan kita. Dalam jurnal Pediatrics menyebutkan bahwa seringnya meletakkan laptop diatas paha dapat menyebabkan dermatitis. Selain itu, dalam jurnal Human Reproduction tahun 2005, penggunaan laptop dengan cara diletakkan diatas paha juga dapat menyebabkan hipertermia skrotum atau tidak aktifnya sperma pada pria yang masih produktif.

Dampak yang paling banyak dirasakan adalah gangguan penglihatan. Sebuah studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya seperti mata menjadi kering, iritasi, dan berair, serta penglihatan menjadi kabur. Hal ini terjadi karena semua komputer memancarkan radiasi atau medan elektromagnetik yang menimbulkan dampak negatif apabila penggunaan yang terlalu lama. Saat menatap komputer atau laptop mata akan jarang untuk berkedip. Biasanya selama 1 menit mata akan berkedip sekitar 18 kali. Namun saat kita menatap layar komputer, mata akan jarang berkedip. Selain hal tersebut, selalu terpaku di depan layar komputer juga akan menurunkan kemampuan mata untuk melihat. Hal ini akan memaksa mata untuk bekerja lebih keras daripada biasanya karena mata kita fokus pada ukuran tulisan yang kecil.

Begitu besar dampak negatif penggunaan komputer atau laptop bagi kesehatan kita. Nah, untuk mengurangi dampak negatif tersebut hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah :

a. Memakai pelindung layar komputer untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan

b. Menjaga jarak pandangan mata dengan layar computer atau laptop. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan layar komputer adalah 45 cm.

c. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan otot otot mata dan mengistirahatkan mata

d. Seringlah mengedipkan mata untuk menghindari mata menjadi kering

e. Jangan meletakkan laptop atau komputer di atas paha

f. Perbanyak konsumsi vitamin A

Nah itu adalah beberapa kerugian yang ditimbulkan akibat penggunaan komputer atau laptop yang terlalu lama serta solusi yang dapat kita lakukan. Mulai dari sekarang, yuk benahi cara menggunakan laptop atau komputer kita demi hidup yang lebih baik.

 

Tinggalkan komentar