Home » Artikel » MENGENAL KONDOM WANITA

MENGENAL KONDOM WANITA

Cara memakai kondom wanita

Cara memakai kondom wanita

Sudah tahukah kalian mengenai kondom wanita ? Jika belum atau hanya sekadar tahu, mari kita simak pembahasan kondom wanita berikut ini.

Kondom adalah alat kontrasepsi atau alat untuk mencegah terjadinya kehamilan dan penularan penyakit-penyakit infeksi seksual, termasuk HIV/AIDS. Kondom dibuat dari plastic polyurethane or nitrile (a syntethic latex) yang sangat tipis, lembut, tidak berbau, dan sangat kuat. Kondom tidak hanya digunakan oleh pria, tetapi terdapat juga kondom untuk wanita. Kondom wanita berukuran lebih besar dari kondom pria, lebih kuat, dan tidak mudah robek. Kondom wanita digunakan pada area vagina wanita.

Lalu bagaimana penggunaan kondom wanita ? Pertama, buka bungkus kondom wanita. Kedua, cari cincin luar cincin dalam pada kondom. Cincin dalam berupa cincin yang tertutup. Selanjutnya, pencet cincin dalam tersebut, dan pegang dengan jari-jari tangan. Kemudian, masukkan cincin dalam ke dalam lubang vagina dan dorong cincin dalam sampai betul-betul masuk ke vagina sedangkan cincin luar tetap berada di luar vagina.

Penggunaan kondom hanya boleh sekali pakai, karena akan mudah robek bila dicuci dan digunakan kembali. Menggunakan kondom wanita, merupakan cara KB yang sangat efektif. Saat ini kondom wanita masih belum tersebar luas di Indonesia. Kondom wanita dapat digunakan oleh semua wanita yang tidak alergi terhadap kondom wanita tersebut. Perlu diperhatikan bahwa saat menggunakan kondom wanita, jangan sampai bersamaan dengan pemakaian kondom pria. Cegah penyakit menular seksual, gunakan kondom daripada tidak sama sekali! (EJL)

 

Sumber:

Suryati. (2010). KONDOM WANITA (FEMALE CONDOM). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 107–110.

 

Tinggalkan komentar