Home » Injeksi Post » Mengenal Kanker Tulang

Mengenal Kanker Tulang

CANCER 11

Tulang memegang peranan sangat penting dalam kehidupan manusia, sama seperti anggota tubuh lainnya. Orang dewasa memiliki lebih dari 200 buah tulang yang memegang peranan dalam menyokong dan melindungi organ dalam, berikatan dengan otot sehingga kita dapat bergerak, mengandung sumsum tulang yang merupakan tempat untuk memproduksi dan menyimpan sel darah baru, serta tempat penyimpanan protein, mineral, serta nutrien lain seperti kalsium. Lalu, apa yang terjadi jika sel  – sel yang menyusun tulang membelah secara tidak terkendali?  Ya, jawabannya adalah kanker tulang.

Kanker tulang merupakan kanker yang berada di tulang, dimana sel –sel kanker membelah dengan tidak terkendali. Kanker tulang sendiri ada yang berasal dari penyebaran kanker di organ lain, namun ada juga yang memang berasal dari sel tulang itu sendiri. Kanker tulang yang berasal dari sel tulang itu disebut kanker tulang primer, sedangkan yang berasal dari penyebaran dari kanker di tempat lain disebut kanker tulang sekunder.  Kanker tulang sekunder lebih sering terjadi daripada kanker tulang primer, dan penanganan untuk kedua jenis kanker ini sendiri berbeda. Sel kanker tulang ini mungkin berkembang pada permukaan tulang, di lapisan yang lebih luar atau mungkin di tengah dari tulang tersebut. Seperti tumor, sel kanker tulang akan terus bertumbuh dan membelah, lalu kemudian menghangcurkan tulang tersebut. Bila tidak ditangani, maka kanker tulang ini juga dapat  menyebar ke organ yang lain. Kanker tulang sendiri jarang terjadi. Diketahui sekita 195 warga Australia terkena kanker ini setiap tahunnya.

Kanker tulang terjadi pada setiap golongan usia, dan sedikit lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Jika kanker tulang muncul setelah usia tertentu, bisa jadi juga hal itu berkaitan dengan penyakit tulang yang sedang diderita. Beberapa hal yang dapat menjadi faktor resiko kanker tulang sendiri adalah radioterapi sebelumnya (penggunaan radioterapi untuk mengobati kanker sebelumnya dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker tulang), riwayat memiliki penyakit tulang lain, cedera pada tulang, serta dapat pula akibat faktor genetik.

Gejala yang paling umum dari kanker tulang adalah rasa sakit yang sangat kuat pada tulang dan sendi. Rasa sakit ini akan bertambah parah saat melakukan kegiatan atau pada malam hari. Gejala lain dapat berupa pembengkakan pada bagian tulang yang terkena kanker, rasa kaku dan nyeri pada tulang, masalah dalam bergerak, kehilangan berat badan tanpa penyebab yang jelas, mati rasa pada anggota badan yang terkena, serta kelelahan.

Tidak ada tes spesial yang direkomendasikan untuk dilakukan secara rutin untuk mendeteksi kanker tulang lebih dini. Strategi terbaik untuk pendeteksian dini adalah dengan memperhatikan tanda – tanda atau gejala dari penyakit ini.

Penanganan untuk kanker tulang akan dilakukan atas pertimbangan tipe kanker, apakah kankernya sudah menyebar atau tidak, usia, tingkat kebugaran dan kesehatan secara umum. Penanganan untuk kanker tulang biasanya meliputi kemoterapi, operasi, serta radiasi, atau kombinasi dari ketiga penanganan tersebut.

 

Referensi :

American Cancer Society. Bone Cancer. 2014. Last revised : 2016 http://www.cancer.org/cancer/bonecancer/.

Cancer Council . Understanding Primary Bone Cancers. https://www.cancerwa.asn.au/resources/2015-07-15-Understanding-primary-bone-cancer.pdf

Tinggalkan komentar