Home » Artikel » Tips » Mengatasi Nafsu Makan yang Berlebihan

Mengatasi Nafsu Makan yang Berlebihan

Denpasar-injeksionline.com Otak kita telah di set untuk mengontrol sekaligus mempengaruhi nafsu makan kita. Tapi ironisnya, terkadang perut dan mulut memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan otak dalam memicu timbulnya nafsu makan. Akibatnya, orang tersebut akan memiliki keinginan untuk makan lagi dan lagi.

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan berlebihan dan tidak bisa mengatakan tidak pada makanan, sebaiknya mulai sekarang Anda mencoba untuk meninggalkan kebiasaan yang kurang menyehatkan itu. Kenapa? Karena sadar atau tidak, ketidak sanggupan Anda dalam mengontrol nafsu makan yang berlebihan akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan Anda. Salah satu penyakit yang paling sering ditemukan akibat makan yang berlebihan adalah obesitas atau kegemukan. Jika hal ini dibiarkan, maka akan ada kemungkinan timbulnya penyakit lain yang disebabkan oleh obesitas tersebut.

Lalu bagaimanakah tips untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengurangi nafsu makan Anda yang berlebihan itu:

1.       Konsumsi Makanan Dengan Rasa Yang Berbeda – beda

Mengkonsumsi makanan dengan rasa yang berbeda-beda justru dapat menghilangkan keinginan kita untuk makan lebih banyak. Mencoba memakan makanan yang memiliki cita  rasa yang berbeda-beda dalam porsi yang sedikit dapat mengurangi nafsu makan Anda. Artinya, dengan mengkonsumsi makanan dengan berbagai rasa dengan porsi yang tidak berlebihan mampu membuat keinginan kita untuk makan menjadi berkurang.

2.       Jangan Menunda Waktu Makan

Kebiasaan untuk menunda waktu makan dan menahan rasa lapar selain tidak baik bagi kesehatan, ternyata juga dapat membuat porsi makan Anda bertambah. Menunda waktu makan akan membuat perut kosong terlalu lama dan hal itu akan menyebabkan Anda merasa sangat lapar dan akhirnya makan lebih banyak.                                                                    

3.       Jangan Menaruh Makanan Favorit di Dalam Lemari Es

Ketika Anda menaruh makanan favorit Anda dalam lemari es, maka Anda akan memiliki hasrat untuk terus membuka lemari es tersebut dan memakan makanan yang Anda simpan di lemari es itu. Hal ini tentu saja dapat menambah nafsu dan porsi makan Anda. Karena itulah, mulai sekarang sebaiknya Anda berhenti untuk menyimpan camilan di dalam lemari es, atau mungkin Anda bisa menyimpan buah-buahan yang pastinya lebih menyehatkan sebagai pengganti camilan itu.

4.       Nikmati Proses Makan

Makan merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Karena itulah, sebaiknya Anda menikmati proses makan yang Anda lakukan alias jangan terburu-buru untuk menghabiskan makanan itu. Mengunyah makanan selama 30 kali secara berulang akan membantu Anda untuk cepat merasa kenyang sehingga porsi makan Anda pun tidak akan berlebihan.

5.       Jangan Biarkan Stres dan Bosan Membawa Anda Pada Makanan

Banyak orang yang melampiaskan rasa stress dan bosan pada makanan. Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan terus menerus terjadi karena tanpa Anda sadari hal tersebut justru akan membuat porsi makan Anda bertambah, dan tentu saja hal tersebut tidak menyehatkan. Anda dapat melakukan aktivitas lain selain makan ketika stress, misalnya mendengarkan music, hang out bersama teman-teman, dan masih banyak yang lainnya.

 

Article by: @Dayu_Wiwid16

Edited by: @dedekfriday

Sumber:

http://www.infosaja.com/2013/09/mengurangi-nafsu-makan-berlebihan.html

http://www.kolomsehat.com/10-tips-mengurangi-makan-berlebihan

http://mangkaliat1960.blogspot.com/2012/07/kebiasaan-kebiasaan-tak-sehat-orang.html

Tinggalkan komentar