Home » FK Unud » Mempererat Rasa Kekeluargaan Lewat Porsehipp

Mempererat Rasa Kekeluargaan Lewat Porsehipp

Denpasar-Injeksionline.com Pekan Olahraga dan Seni Hippocrates atau lebih akrab di dengan sebutan Porsehipp merupakan event tahunan yang merupakan program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK Unud. Porsehipp 2013 dibuka secara resmi pada tanggal 15 November 2013 dan dicanangkan akan berlangsung hingga 8 Desember 2013. Porsehipp kali ini mempertandingkan 11 cabang yaitu 8 cabang olahraga  dan 3 cabang seni. Kegiatan ini  diikuti oleh 20 tim dari masing-masing civitas akademika di FK Unud. Pembagian  8 cabang olahraga diantaranya seperti sepak bola, futsal basket, voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis dan catur. Karaoke, tari tradisional dan modern dance termasuk ke dalam 3 cabang seni yang juga ikut dipertandingkan.

Tidak berbeda dengan kejuaraan seni dan olahraga pada umumnya, penentuan juara umum pada Porsehipp 2013 kali ini juga menggunakan sebuah sistem penilaian. Sistem yang dipergunakan adalah sistem yang berorientasi dengan poin dimana medali emas dihargai sebesar 7 poin, perak sebesar 3 poin, dan perunggu sebesar 1 poin. Pada akhir, poin akan dikalkulasikan sesuai dengan jumlah medali yang diperoleh oleh peserta, dan peserta dengan poin tertinggi dan jumlah medali emas yang lebih banyak akan dinobatkan sebagai juara umum pada tahun ini.

Malam puncak Porsehipp 2013 pada tanggal 8 Desember 2013 merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu, selain merupakan hari perlombaan terakhir pada cabang seni yaitu modern dance, juga karena pada malam puncak ini akan diumumkan juara umum untuk tahun ini, best supporter, best photo contest. Tidak ketinggalan kemerian malam puncak juga diisi dengan penampilan akustik dan penampilan solo dari pemenang cabang karaoke pada Porsehipp 2013. Pada akhir acara diumumkan peraih juara umum pada Porsehipp kali ini. Juara umum 3 dengan total poin 26 diraih oleh KU 2011 (Calsequestrin), kemudian untuk juara umum 2 dengan total perolehan poin sebesar 32 diraih oleh dokter muda (gabungan dari angkatan KU 2008 (Cefazolin) dan angkatan KU 2009 (Ambidextrous)), dan sebagai juara umum 1 dengan jumlah poin 38 diraih oleh KU 2010 (Acromion). Zettrasedon (Psikologi 2012) berhasil menjadi Best Supporter pada Porsehipp tahun ini.

porsehipp, fk unud, bem, olahraga, seni, mahasiswa, kedokteran

Ketua BEM FK Unud (kiri) dan ketua Porsehipp 2013 (kanan) saat penyerahan piala.

Pelaksanaan Porsehipp kali ini bukannya tanpa kendala. Faktor cuaca seperti hujan dapat juga menjadi salah satu kendala yang tak dapat dibendung. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan secara out door seperti basket misalnya, akibat cuaca hujan panitia harus mengatur ulang lagi jadwal pertandingan.

Terlepas dari segala kendala, Porsehipp memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan yang sangat sesuai dengan tujuannya. “Kegiatan ini memiliki banyak tujuan diantaranya untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan non-akademik seperti olahraga dan seni, mengenalkan mahasiswa baru dengan kegiatan yang ada di lingkungan FK Unud sekaligus melalui kegiatan ini mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat angkatan diatasnya, dan untuk merefresh diri sejenak dari rutinitas perkuliahan sehari-hari,” ujar Aryawangsa selaku ketua panitia Porsehipp 2013 saat ditemui disela-sela kesibukannya. Aryawangsa menambahkan pula bahwa untuk Porsehipp pada tahun-tahun berikutnya diharapkan untuk dipilihkan waktu yang lebih tepat serta jumlah partisipan bisa bertambah, sebab di tahun ini jumlah partisipan menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Semoga dengan diselengkarakannya Porsehipp mampu mempererat rasa kekeluargaan diantara kita semua, tuturnya.

 

Article by: Intan P. dan Diah Andini

Edited by: @dedekfriday

Tinggalkan komentar