Home » Artikel » Manfaat Tersembunyi Terong Ungu Bagi Kesehatan

Manfaat Tersembunyi Terong Ungu Bagi Kesehatan

terong unguSayur-sayuran merupakan makanan pokok yang selalu hadir di meja makan orang Indonesia, bahkan orang- orang di dunia setiap harinya. Meskipun sayur jarang digemari oleh kebanyakan orang, tetapi sayur memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak khasiat adalah terong ungu.

Terong merupakan salah satu makanan yang tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Tetapi meskipun demikian, tidak banyak orang mengetahui manfaat dan khasiat yang terkandung dalam terong ungu ini. Terong mengandung kalsium, mineral, kaya serat, bioflavonoid serta vitamin K yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya, yuk kita intip satu per satu manfaat dari terong ungu ini.

Makanan Bagi Otak

Jika Anda mengalami keingungan untuk memilih jenis makanan yang mampu memberikan nutrisi yang baik untuk otak, maka terong akan menjadi salah satu solusinya. Kandungan nutrisi phyto pada terong merupakan salah satu nutrisi yang sangat di butuhkan oleh organ otak.

Pencegah Diabetes

Sayur yang memiliki harga yang sangat terjangkau ini ternyata juga dapat mencegah penyakit diabetes yang bisanya memerlukan obat yang mahal untuk menyembukannya. Hal ini dikarenakan terong merupakan sumber serat dan rendah karbohidrat larut yang sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.

Pengontrol Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sangat mengancam kualitas hidup seseorang. Nah, untuk mencegah agar seseorang tidak terserang penyakit berbahaya ini, maka terong ungu dapat menjadi obat yang tepat karena sayuran ini memiliki kandungan zat yang bernama bioflavonoid, yang berperan besar dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Pencegah Anemia

Terong ungu memiliki kandungan zat besi yang baik untuk mengobati dan mencegah anemia atau kekurangan darah yang dialami oleh sebagian orang.

Pencernaan Yang Lebih Baik

Kandungan serat yang dimiliki oleh terong ungu dapat melancarkan dan menyehatkan saluran pencernaan serta menghindarkan anda dari kanker yang menyerang usus anda.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, maka ini adalah informasi yang baik bagi Anda. Terong adalah makanan yang baik untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena terong rendah karbohidrat, padat nutrisi, dan rendah kalori. Satu cangkir terong hanya mengandung delapan gram karbohidrat. Terong juga merupakan makanan berglikemik rendah yang berarti bahwa sejumlah kecil karbohidrat dalam terong tidak menyebabkan dampak yang besar terhadap kadar gula darah Anda.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Terong juga merupakan sumber antioksidan terbaik yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Vitamin C yang terkandung pada terong merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin C, terong juga mengandung mangan, antioksidan alami dan merupakan mineral yang penting. Selain itu, terong mengandung nasunin dan asam klorogenik, dua antioksidan organik yang dapat menghambat radikal bebas, serta mempunyai sifat anti-bakteri dan anti virus.

Itulah beberapa khasiat dan kandungan gizi yang dimiliki oleh terong ungu. Semoga bermanfaat.

@Dayu_Wiwid16

Tinggalkan komentar