IT Pcyco/ November 5, 2018/ Artikel, Injeksi, Injeksi Post, Kesehatan/ 0 comments

Siapa yang tidak tau petai? Baunya sangat khas dan tentu saja banyak manfaatnya, lho. Ingin tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Kuy, simak informasi dibawah ini!

Petai ( Parkia Spesiosa Hassk ) merupakan tanaman yang hidup di daerah tropis. Petai memiliki banyak manfaat seperti obat hati, ginjal, sembelit, depresi, anemia, dan lainnya. Terdapat banyak zat yang terkandung dalam petai seperti protein, lemak, kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan lainnya yang tentu saja baik bagi tubuh manusia.

Selain itu manfaat petai yang lain yaitu sebagai berikut:

1. Mengandung antioksidan

Petai mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan, dimana antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang banyak ditemukan pada penyakit diabetes, kanker, dan aterosklerosis.

2. Mengandung kadar gula darah

Petai mengandung beta – sitoretoi dan stigmasterol yang dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Melawan bakteri

Kandungan dalam biji petai ternyata mampu menurunkan pertumbuhan bakteri – bakteri jahat. Ekstrak biji petai mengandung hexathionine dan trithiolane yang mengandung anti bakteri.

4. Dapat mengatai depresi

Petai mengandung tryptophan sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin dan hal inilah yang membuat kita menjadi rileks dan dapat memperbaiki mood menjadi lebih bahagia.

5. Mengatasi PMS ( premenstrual syndrome )

Bagi perempuan, PMS merupakan masa yang sulit dan disini perubahan mood terjadi sangat cepat. Dalam petai terdapat vitamin B6 yang mengatur kadar gula, sehingga mood dapat diatasi.

6. Mengatasi anemia

Petai yang mengandung zat besi yang tinggi sehingga petai dapat membantu memproduksi sel darah merah.

7. Mengatasi sembelit

Terdapat kandungan serat yang tinggi dalam petai, sehingga hal tersebut dapat membuat yang mengkonsumsinya mudah untuk buang air besar dan menormalkan kembali sistem pencernaan. Mengkonsumsi petai juga dapat menghindari penggunaan obat pencahar.

8. Mengatasi mabuk

Biasanya untuk mengatasi orang yang sedang mabuk,petai dijus dan dicampurkan dengan madu agar kadar gula darah menjadi turun. Susu juga dapat diberikan untuk memperbaiki dan menenangkan kadar cairan dalam tubuh.

9. Mengatasi begah dan muntah

Khasiat petai yang lainnya yaitu dapat mengatasi panas di dada yang disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan. Selain itu, petai juga berguna untuk mempertahankan kadar gula dalam darah dan menghindari perasaan mual.

10. Mengatasi rasa gatal

Petai dipercaya dapat menghilangkan rasa gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk

11. Menjaga sistem saraf

Petai yang mengandung vitamin B dapat membantu menenangkan sistem saraf.

12. Mengatasi luka lambung

Kegunaan petai selanjutnya adalah mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan lambung.

13. Memberikan dorongan energi

Dalam petai terdapat 3 kandungan gula alami yaitu sukrosa, glukosa, dan fruktosa dan kombinasi ini dapat membuat tubuh kita menjadi bertenaga. Dalam sebuah riset petai mampu membuat seseorang melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

14. Menghilangkan kebiasaan merokok

Kandungan vitamin B6, B12, kalium, dan magnesium dapat membantu tubuh untuk mengatasi kecanduan terutama mengatasi kecanduan rokok.

15. Menstabilkan emosi

Khasiat petai untuk pengobatan penderita seasonal affective disoder (SAD). Petai dikatakan dapat membantu mengurangi SAD karena petai mengandung triptofan, yaitu salah satu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Efek triptofan secara biologis dapat berperan dalam pembentukan serotonin.

Nah, sekian dari berbagai manfaat petai. Memang bau,tapi khasiatnya sangat beragam dan sangat diperlukan bagi tubuh!

Sumber:

Subyakto, Bambang.2013.Terapi Petai Untuk Kesehatan, Kehidupan, Kebahagiaan, dan Kesejahteraan

Tinggalkan komentar