Home » FK Unud » Manajemen Stress Bersama HMIK FK UNUD “Decreasing Stressor Increasing Quality Of Life”

Manajemen Stress Bersama HMIK FK UNUD “Decreasing Stressor Increasing Quality Of Life”

 

Seminar Manajemen Stress Bersama HMIK FK UNUD

Seminar Manajemen Stress Bersama HMIK FK UNUD

Denpasar-injeksionline.com Stres adalah sebuah istilah yang sering kita dengar. Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda mengenai stres. Pada umumnya stres merupakan suatu keadaan yang dialami oleh seseorang dimana hal ini merupakan suatu respon normal dalam menghadapi situasi yang mengharuskan untuk bertindak, menyesuaikan, serta menjaga segala sesuatu tetap seimbang. Stres meliputi reaksi fisik dan psikologis. Reaksi ini bersifat normal dan dapat dialami oleh setiap orang dari berbagai usia, baik itu orang dewasa, remaja, dan anak-anak.


Mengelola dan menangani stress adalah hal yang sangat penting dimana hal ini bertujuan agar tubh dapat selalu memberikan respon yang terbaik pada banyak situasi. Stres yang berlebihan dan tidak ditangani dengan baik dapat mengarah pada berbagai dampak buruk pada kehidupan seseorang termasuk juga bagi kesehatan. Untuk itu diperlukan suatu manajemen stres yang baik pada setiap individu.  Pengetahuan mengenai manajemen stres dapat diperoleh dari berbagai sumber salah satunya yaitu dengan mengikuti sebuah seminar. Seperti salah satu seminar yang telah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan, Universitas Udayana.
Seminar yang diselenggarakan merupakan suatu seminar yang membahas tuntas seputar tips-tips dalam memanajemen stres. Seminar  yang dilaksanakan pada hari minggu 21 september 2014 ini mengambil tema “Decreasing Stressor Increasing Quality Of Life”. Sesuai dengan tema, seminar ini bertujuan agar masyarakat khususnya mahasiswa mengenali stress dan faktor yang menyebabkan stress, kemudian mampu menanggulangi secara psikologis maupun fisiologis faktor stress tersebut  dan tentunya dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan dan lingkungan.
Seminar yang bertempat di lantai 3 gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar ini dilaksanakan dalam rangka untuk menunjukkan eksistensi HMIK FK UNUD dan memang merupakan agenda tahunan dari HMIK FK UNUD. Terdapat dua pembicara pada seminar yaitu I Gusti Ayu Putu Wulan Budisetyani, S.Psi., M.Psi yang memaparkan tentang cara memanajemen stress dan merubah cara pandang terhadap stress tersebut.  Pembicara kedua adalah Ns. Ni Made Dian Sulistiowati, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep Jiwa yang memaparkan mengenai  manajemen stres dengan metode relaksasi.
Peserta seminar yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum di Bali sangat antusias dalam mengikuti acara seminar ini. Dimana dalam seminar terdapat acara hiburan yang dibawakan oleh teater ternama di Bali yaitu Teater Kini Berseri yang menampilkan pantomin. Acara ini menjadi salah satu acara yang menarik bagi peserta seminar.
Pelaksanaan seminar manajemen stres hampir tidak menemui suatu kendala yang berarti. Panitia telah bekerja keras dalam menyukseskan acara seminar. Namun terdapat sedikit kendala pada saat penyelenggaraan seminar sedikit terhambat karena ketepatan waktu kehadiran. Hal ini tidak menyebabkan suatu masalah yang berarti pada saat acara berlangsung.
Ketua panitia   Brata Aditya yang sempat diwawancarai berharap bahwa dari terselengaranya seminar  manajemen stress ini HMIK  FK UNUD mampu menambah wawasan masyarakat tentang bagaimana cara meminimalisir  dan memanajemen stress yang ada dalam diri.

Tinggalkan komentar