Makanan Peningkat Konsentrasi

Apakah yang terlintas ketika mendengar kata makanan? Apakah lapar? Perut kenyang? Atau mungkin suatu kenikmatan? Seperti yang kita ketahui, makanan merupakan suatu kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Tetapi, tahukah kamu bahwa makanan dapat mempengaruhi otak seseorang? Berikut sedikit penjelasannya.

Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Diketahui bahwa otak berperan sebagai pusat kendali tubuh, yang bekerja untuk menjaga organ-organ lain tetap berfungsi sehingga memungkinkan seseorang untuk bergerak, merasakan, dan berpikir. Dalam menjalankan fungsinya, otak memerlukan asupan nutrisi yang adekuat melalui makanan. Oleh karena itu, makanan memiliki peranan yang penting bagi otak. Selain itu, makanan dapat meregulasi energi dan mood seseorang, yang keduanya berpengaruh pada fokus atau konsentrasi secara signifikan. Sebagai mahasiswa sudah barang tentu untuk menjaga konsentrasi tetap optimal. Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi. Yuk, disimak!

  • Makanan dengan antioksidan tinggi

Buah beri merupakan salah satu buah yang memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Ditemukan bahwa di dalam buah beri terdapat antioksidan berupa flavonoid dan anthocyanin. Antioksidan ini dapat melawan stres oksidatif dan inflamasi, yang memicu terjadinya penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. Menurut studi, antioksidan dapat menstimulasi sirkulasi darah dan oksigen ke otak sehingga dapat mengoptimalkan kinerja otak secara signifikan.

  • Makanan beromega-3

Makanan beromega-3 seperti telur, ikan, dan kacang dipercaya dapat membantu fungsi kerja otak dengan meningkatkan struktur otak yang bernama neuron. Telur yang mengandung omega-3 dapat meningkatkan kinerja otak, seperti daya ingat, fokus, dan mood. Selain itu, telur juga mengandung senyawa yang dapat membantu menjaga selaput otak agar tetap sehat yang bernama kolin. Sedangkan, ikan beromega-3 seperti salmon dapat membangun sel otak, menghambat penurunan kognitif, dan menjaga fokus dalam kegiatan sehari-hari.

  • Makanan mengandung kafein

Kafein selama ini dikenal sebagai bahan yang dapat membuat seseorang tetap terjaga. Dimana kafein bekerja dengan memblok adenosine yang membuat seseorang merasa ngantuk. Namun, belum lama ini studi menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan aktivitas otak yang melibatkan proses perencanaan, perhatian, pemantauan, serta konsentrasi. Selain kopi yang memiliki kafein, teh hijau juga memiliki kandungan kafein yang levelnya lebih rendah dibanding kopi, yang mengandung theanine yang dapat meningkatkan fokus atau konsentrasi otak. Top of Form

  • Makanan berupa sayuran berwarna hijau

Sayuran hijau seperti kale dan brokoli mengandung glucosinolates, antioksidan, vitamin, dan mineral lain. Komponen glucosinolates ini dipecah oleh tubuh yang memproduksikan isothiocyanates. Isothiocyanates inilah yang dapat meminimalisir stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin dan aktioksidan seperti flavonoid yang membantu kesehatan otak.

Tunggu apalagi? Yuk, konsumsi makanan di atas untuk meningkatkan konsentrasi kita!

Author: Regina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *