Home » Artikel » Loloh Cemcem, Minuman Hijau Enam Rasa Khas Bangli

Loloh Cemcem, Minuman Hijau Enam Rasa Khas Bangli

juweb loloh

juweb loloh

Sejak dulu, Indonesia sangat terkenal dengan keanekaragaman suku bangsa, adat istiadat, dan budayanya. Keanekaragaman yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke seolah menggambarkan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang telah dimiliki Indonesia sejak puluhan tahun lamanya. Meskipun saat ini telah terjadi globalisasi dan banyak budaya luar yang masuk ke Indonesia, tetapi budaya yang berasal dari setiap daerah di Indonesia tetap lestari, bahkan terus mengalami perkembangan.

Salah satu pulau yang sangat terkenal dengan keanekaragaman budayanya yaitu Pulau Bali, mulai dari berbagai macam keseniannya seperti seni tari, seni tabuh, ada juga upacara agama, ritual yang unik, dan sajian makanan dan minuman yang khas dari setiap daerah. Salah satu daerah yang akan saya bahas yaitu Bangli, dengan minumannya yang khas yang bernama loloh cemcem.

Loloh cemcem berasal dari daerah Penglipuran, Bangli. Loloh cemcem ini merupakan sejenis jamu yang kini sudah terkenal di seluruh wilayah di luar Bangli. Jika kita sering mengasumsikan bahwa jamu itu pahit dan tidak enak, maka asumsi itu tidak berlaku bagi loloh cemcem ini, karena rasa loloh cemcem ini hampir mirip dengan permen nano-nano yang rasanya ramai. Loloh cemcem ini juga memiliki khasiat yang baik untuk pencernaan dan menurunkan tekanan darah.

Minuman tradisional yang diolah dengan cara yang sederhana ini ternyata sudah pernah dijual di Pesta Kesenian Bali, dan mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Bahkan, minuman yang hanya disajikan dengan menggunakan botol air mineral ini tidak kalah dengan soft drink yang berasal dari luar negeri. Hal ini tentu saja memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bali, khususnya yang berada di daerah Bangli karena di tengah ramainya makanan dan minuman asing yang mewah, minuman khas dari tangan orang Bangli ini masih mampu bersaing dan dipandang oleh masyarakat.

Apa saja bahan untuk membuat loloh cemcem ini? Bahan yang diperlukan antara lain daun cemcem, kayu manis, daun sirih, daun jarak pagar, daun dhadhap, air kelapa, buah kelapa, dan gula aren. Cara membuatnya sangat mudah, daun cem – cem dicuci bersih kemudian diremasatau dihaluskan dan ditambah air  hangat sesuai kebutuhan.Kemudian dicampur dengan kayu manis, daun sirih, jarak pagar, daun dhadhap dan disajikan dengan air kelapa dan gula aren. Tambahkan juga potongan buah kelapa dalam loloh itu. Jadilah rasa yang ramai, enam rasa. Untuk menambah rasa segar, loloh cemcem ini juga bisa ditambahkan dengan es batu.

Seperti yang kita ketahui, loloh cemcem ini banyak ditemukan di warung makan dan pasar tradisional. Biasanya loloh cemcem ini dijual dengan harga 3000 per botolnya. Tentu saja, minuman ini sampai sekarang sangat diminati warga, selain karena murah, manfaat yang diperoleh dari loloh cemcem ini sangat banyak, termasuk untuk kesehatan dan pelepas dahaga.

 

@dayu_wiwid16

Tinggalkan komentar