Liputan Berita Talkshow HKD 2021

 Minggu, 14 februari 2021 dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia 2021, Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (KOMPAK) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana telah mengadakan kegiatan Talkshow Hari Kanker Sedunia (HKD). Acara berlangsung melalui Cisco Webex Meeting yang dimulai pada pukul 09.00-16.00 WITA. Pada Talkshow HKD tahun ini, Kompak mengangkat tema “Us Against Cancer, Together We Are Stronger.”

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dukungan.

      Talkshow Hari Kanker Sedunia 2021 ini mengundang dua pembicara hebat, yaitu dr. Monica Joy Reverger, Sp.Kj (Dokter Psikiatri Onkologi) dan Ibu Helena Lili (Penyitas Kanker). Agnes, selaku Ketua Talkshow HKD 2021 menuturkan bahwa alasan memilih tema ‘Us Against Cancer, Together We Are Stronger” karena pada HKD 2021 ini menekankan 2 hal yaitu pada kata  “Us” dan “Together”. Maksud dari ini sendiri yaitu seperti tujuan dari kegiatan, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dukungan. Kita tidak bisa jika hanya dari diri sendiri atau individu tetapi perjuangan itu dibutuhkan “Us’ atau dari kita semua. Dan dalam memperjuangkan itu kita tidak bisa sendiri sendiri, tetapi harus “Together” atau bersama sama. Jadi tema ini diangkat yaitu memberi makna kita harus berjuang bersama untuk mendukung para penyitas kanker.

      Lalu untuk kendala yang dialami dari Agnes sendiri selaku Ketua Talkshow HKD 2021  yaitu ia masih merasa kesulitan atau kurang memahami bagaimana mekanisme kegiatan berlangsung karena ini pertama kalinya, tetapi ia menuturkan bahwa banyak teman teman panitia yang membantunya untuk berprogress bersama. Kendala yang lainnya yaitu komunikasi. Ia bercerita untuk berkomunikasi dengan para rekan rekannya sangatlah lumayan susah dan sangat sedikit interaksi. Dan Agnes berkata, untuk tolak ukur kesuksesan kegiatan Talkshow HKD 2021 ini yaitu 80%.

      Harapan Agnes setelah berlangsungnya kegiatan Talkshow HKD 2021 ini, khususnya untuk para anggota muda kompak yaitu agar apa yang disampaikan di Talkshow itu dapat dipahami dan diterapkan. Tidak berhenti seperti itu saja. Tetapi diharapkan itu bisa dibawa sebagai bekal untuk kedepannya dikegiatan kompak lainnya atau bahkan setelah selesai berproses di kompak. Dan nilai nilainya dapat diterapkan.

Penulis : Serena K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *