Liputan Berita Simposium Scientific Atmosphere 13 KIH FK Unud 2021

Badan Semi Otonom Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengadakan acara Simposium Scientific Atmosphere 13 yang berlangsung pada tanggal 7 Februari 2021 pukul 09.00 – 13.30 Wita, yang dimana acara ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi cisco webex meetings. Acara Simposium ini merupakan acara dari program kerja Scientific Atmosphere 13, yang dimana program kerja tersebut terdiri dari 2 bagian, yakni perlombaan ilmiah dan simposium. Acara Simposium Scientific Atmosphere 13 pada tahun ini mengambil tema “Geriatrics : a Strategic Approach to Achive the Well-Being of Senior Citizens in Indonesia”. Adapun susunan acaranya terdiri dari : 

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan CV Moderator
  3. Pemaparan Materi Pembicara 1
  4. Pemaparan Materi Pembicara 2
  5. Sesi Diskusi
  6. Istirahat
  7. Pemaparan Materi Pembicara 3
  8. Sesi Diskusi
  9. Sosialisasi Sponsor
  10. Penutup

Adapun peserta dari acara Simposium Scientific Atmosphere 13 ini mencakup mahasiswa kesehatan se-Indonesia, tenaga kesehatan, serta dosen-dosen. Sebanyak 230 orang hadir dalam acara Simposium Scientific Atmosphere 13 ini. Acara Simposium Scientific Atmosphere 13 tahun ini diketuai oleh Adrian Wiryanata Gorintha. Menurutnya, tujuan dari diadakannya acara Simposium Scientific Atmosphere 13 ini adalah “memberikan update ilmu kepada peserta simposium terkait dengan kedokteran geriatri (kedokteran lansia)”. Simposium Scientific Atmosphere 13 juga mendatangkan 3 pembicara, antara lain Prof. Dr. dr. Tuty Kuswardhani, Sp.PD-KGer, MKes yang membawakan topik mengenai “Peran Mikronutrien Meningkatkan Sistem Imun pada Lansia di Era Pandemi COVID-19”, Dr. dr. A.A.A. Meidiary, Sp.S (K) yang membawakan topik mengenai “Stem cell pada Lansia dan Penyakit Neurodegeneratif”, dan dr. Luh Oliva Saraswati Suastika, Sp.JP, FIHA yang membawakan topik mengenai “Manajemen Hipertensi pada Lansia”. 

Adrian Wiryanata Gorintha, yang kerap disapa Adrian ini, juga mengatakan bahwa dirinya berharap kegiatan Simposium Scientific Atmosphere 13 ini dapat menjadi wadah bagi peserta untuk mendapatkan ilmu baru terutama dalam bidang kedokteran geriatri dan ilmu yang diperoleh dapat digunakan sebaik-baiknya untuk perkembangan kesehatan nasional Indonesia kedepannya. 

Penulis : Tarisa Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *