[LIPUTAN BERITA MUSANG KMPA 2020]

[Sabtu, 18 Juli 2020] telah berlangsung kegiatan Musang atau Musyawarah Anggota dari Badan Semi Otonom Kelompok Mahasiswa Peduli AIDS tahun 2020. Acara musang tahun ini dilaksanakan secara online melalui Cisco Webex Meeting dengan jumlah peserta 225 orang terdiri dari AM (anggota muda) dan AI (anggota inti) KMPA. Musang tahun ini dibuka oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Dr. dr I Made Sudarmaja, M.Kes .

Musyawarah anggota dimulai dari pukul 08.00 WITA – selesai. Kegiatan diselenggarakan untuk membahas terkait AD/ART, pemilihan calon ketua KMPA 2020 dan pengumuman kelulusan. Dimana dalam acara ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yaitu dihadiri oleh pengurus KMPA bersama 1 orang perwakilan dari masing masing kelompok latdas KMPA 2020 dalam Cisco Webex Meeting pada pukul 08.00 – 12.00 WITA. Dan Sesi kedua dihadiri oleh Seluruh anggota KMPA yang akan mengikuti musyawarah anggota dipersilahkan untuk bergabung kembali dalam Cisco Webex Meeting pada pukul 12.00 WITA – selesai.

Pada Sesi pertama puku 08.00 WITA dilakukan kegiatan pembahasan AD/ART. Peserta menghidupkan kamera dan mematikan mic saat pembukaan musyawarah berlangsung. Dan di Sesi Kedua membahas terkait pemilihan calon ketua KMPA 2020/2021 dengan memaparkan kabinet dan visi misi dari masing masing kandidat.  Ada 3 kandidat yang terdaftar dalam Calon Ketua KMPA. Yang pertama ada I Kadek Ade Juniantara dengan kabinet Surya, yang kedua Anak Agung Istri Ajeng Sitoresmi dengan kabinet Kekinian, dan yang ketiga I Gusti Ngurah Ananta Dwi Vedanta dengan kabinet Super. Terdapat 2 dewan juri yang memberikan pertanyaan, salah satunya dari Ketua KMPA tahun 2019/2020, I Dewa Gede Angga  Triadi Nata. Para kandidat antusias dalam menjawab pertanyaan yang diajukan, begitu pula dengan peserta musang yang juga menyimak jawaban kritis para kandidat.

Penentuan Calon Ketua KMPA dilakukan dengan cara voting melalui Cisco Webex dengan hasil vote terbanyak diraih oleh I Kadek Ade Juniantara sebesar 39% suara. Hal tersebut berarti bahwa I Kadek Ade Juniantara sudah resmi menjadi Ketua KMPA 2020/2021. Melalui wawancara yang dilakukan LPM PCYCO dengan Ketua KMPA 2020/2021, Ade Juniantara mengungkapkan rasa bangga atas terpilihnya sebagai Ketua KMPA dan ia berkata akan menggunakan kesempatan sebaik-baiknya dan tentunya akan mengupayakan segala hal agar KMPA bisa menjadi lebih baik lagi. Sebagai Ketua KMPA yang baru, tentu Ade Juniantara sudah mempersiapkan segala hal termasuk kendala kendala kedepannya terlebih ditengah pandemi, ia sendiri berkata kendala inilah yg menuntut untuk menciptakan suatu inovasi baru untuk organisasi serta melatih kita untuk mampu memecahkan permasalahan tersebut. Lalu ia berharap agar partisipasi aktif dari anggota kmpa semakin meningkat serta rasa kekeluargaan di kmpa itu sendiri makin meningkat dan nantinyaa anggota kmpa mampu untuk memberikan edukasi yang baik terkait hiv/aids sebagai upaya preventif terhadap penyebaran hiv/aids serta mampu menyuarakan hak odha dan perlahan-lahan mampu untuk menghapus stigma buruk masyarakat terhadap odha itu sendiri. Dan ia juga berpesan kepada seluruh anggota untuk mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di KMPA dan mampu untuk memberikan edukasi ke masyarakat luas sehingga dapat mencegah penularan HIV/AIDS dan menghapus stigma buruk masyarakat terhadap ODHA, bersama-sama kita memajukan KMPA menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Kegiatan Musang ini diakhiri dengan Pengumuman Kelulusan AM KMPA 2020, dimana seluruh calon anggota lulus 100% menjadi Anggota Muda KMPA.

Penulis : Serena Kartika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *