Lestarikan Lingkungan dengan Tanam Pohon

Minggu, 15 Februari 2015 lalu KMPL (Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan) mengadakan kegiatan tanam pohon di Goa Lawah, Klungkung. Kegiatan ini bertemakan One Tree for One Love yang artinya satu pohon untuk satu cinta. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh KMPL setiap tahunnya. Kegiatan salah satu BSO di FK Unud ini dilaksanakan karena mengingat tingkat abrasi dan tanah longsor yang terjadi di lingkungan sekitar. Tidak hanya diikuti oleh anggota KMPL saja, namun kegiatan ini juga diikuti oleh sekolah-sekolah di daerah Klungkung sendiri dan juga Universitas Mahasaraswati. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 9.00 WITA hingga pukul 12.00 WITA.

Pada pembukaan, banyak dari tamu-tamu penting yang menyediakan waktu untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dimulai dengan sepatah kata dari ketua kegiatan tanam pohon, dan dilanjutkan dengan sambutan para tamu-tamu penting yang ikut dalam acara pembukaan ini.

 

Setelah pembukaan, para peserta yang mengikuti kegiatan tanam pohon dikumpulkan oleh panitia di lapangan parkir Goa Lawah. Peserta dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 20 orang per kelompok. Setiap kelompok akan menanami pohon di berbeda daerah yang telah ditentukan. Area tanam pohon sendiri dibagi menjadi 4 area di sekitar Goa Lawah. Tidak hanya kegiatan tanam pohon saja yang dilakukan, namun aksi bersih-bersih lingkungan sekitar juga dilakukan oleh peserta yang telah diberikan pengunguman untuk membawa alat kebersihan. Pada saat kegiatan tanam pohon berlangsung, tidak hanya peserta saja yang turut menanam pohon dan melakukan aksi bersih, namun masyarakat sekitar juga turut membantu dalam membersihkan lingkungan sekitar.

 

Setelah kegiatan tanam pohon bersama dan membersihkan lingkungan, peserta pun diarahkan untuk kembali ke tempat awal berkumpul untuk istirahat. Saat istirahat, peserta disajikan penampilan dari salah satu panitia tanam pohon yang membawakan 3 lagu untuk menghibur peserta tanam pohon. Selain itu juga ada kesan dan pesan oleh peserta selama kegiatan tanam pohon ini berlangsung. Banyak kesan dan pesan yang dapat dijadikan pelajaran untuk kegiatan kedepannya. Pada acara penutup, panitia membagikan sertifikat dan permen coklat kepada peserta. Di penghujung acara ketua kegiatan tanam pohon juga memberikan harapan kepada peserta yang hadir untuk lebih menjaga lingkungan dan terbiasa dengan menanam pohon untuk kelestarian lingkungan. (Nadia Euxilia)

 

Salah satu aksi tanam pohon
Salah satu aksi tanam pohon
Peserta Tanam Pohon
Peserta Tanam Pohon
Kegiatan tanam pohon dan aksi bersih-bersih    lingkungan
Kegiatan tanam pohon dan aksi bersih-bersih lingkungan

Tinggalkan komentar