Home » FK Unud » Last Journey on PSFK 2012, Pengabdian Masyarakat Mahasiswa baru FK Unud di Kec. Sidemen Karangasem

Last Journey on PSFK 2012, Pengabdian Masyarakat Mahasiswa baru FK Unud di Kec. Sidemen Karangasem

Denpasar – injeksionline.com. Tanggal 6 Oktober 2012 yang lalu, Desa Sindhuwati, Kecamatan Sidemen, Karangasem, diramaikan dengan kedatangan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) dan panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru & Student Day (PSFK) 2012 FK Unud. Kedatangan panitia PSFK dan mahasiswa baru tidak lain adalah untuk melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Hippocrates 2012 (BSH Ekstern) yang berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 6 hingga 7 Oktober 2012.

Layaknya pelaksanaan BSH tahun sebelumnya, BSH kali ini juga merupakan sebuah rangkaian kegiatan utama dari pelaksanaan PSFK 2012 Universitas Udayana. Diawali dengan pelaksanaan BSH intern pada 4-5 Agustus 2012 lalu di areal kampus FK Unud, kini dilanjutkan dengan kegiatan BSH ekstern yang berlokasi di Kecamatan Sidemen, Karangasem. “Kami selaku panitia memilih Kecamatan Sidemen tentunya bukan tanpa alasan. Selain tempatnya yang strategis dan mudah untuk dijangkau, juga karena tipikal masyarakat Sidemen yang ramah dan tentunya boleh menyalakan kembang api saat acara”, tukas Ery sebagai koordinator BSH 2012. Kegiatan yang dilakukan pada BSH ini meliputi tracking menyusuri alam, pegelaran malam keakraban (makrab), dan tentunya pelaksanaan dan realisasi tri dharma perguruan tinggi yaitu poin pengabdian masyarakat dengan melakukan penyuluhan dan pembagian tanaman obat ke setiap kepala keluarga (kk) di desa Sindhuwati Kec. Sidemen.

“Kegiatan yang kami utamakan dalam BSH ini adalah realisasi tri dharma perguruan tinggi baik dari mahasiswa baru maupun panitia kepada masyarakat Kec. Sidemen. Membersihkan lingkungan dan pembagian tanaman obat untuk setiap kk disana merupakan fokus utama kami dalam BSH ini”, lanjut Ery. Keterlibatan 200 orang panitia dengan jumlah peserta yang mencapai 485 orang ini ternyata memperoleh feedback positif bari masyarakat di kec. Sidemen. Ini terlihat dari antusiasme masyarkat kec. Sidemen dalam menerima keberlangsungan kegiatan BSH 2012. “Overall, sebagai koordinator BSH ini saya merasa pelaksanaannya sudah sangat baik dan lancar. Antusiasme peserta ada, antusiasme masyarakatpun ada sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik. Terlebih kerjasama dari pihak panitia, tanpa adanya kebersamaan kegiatan BSH ini tidak mungkin berjalan lancar”, imbuhnya. “Satu harapan saya, semoga dengan berakhirnya BSH 2012 ini, adik-adik baru kita dapat memperoleh pengalaman penyuluhan dan berinteraksi dengan masyarakat dalam penyampaian informasi kesehatan. Semoga kedepannya acara seperti ini dapat terus dilaksanakan”, tutup Ery di akhir wawancara. (Wayan Dedek)

Tinggalkan komentar