Home » FK Unud » KREASI TANPA BATAS DENGAN TEMA “VOICE THE AWARENESS OF HEALTH THROUGH JOURNALISM” BERSAMA LPM PCYCO FK UNUD

KREASI TANPA BATAS DENGAN TEMA “VOICE THE AWARENESS OF HEALTH THROUGH JOURNALISM” BERSAMA LPM PCYCO FK UNUD

Suasana Lomba Mading PETIK 2015

Proses pembuatan mading oleh para peserta PETIK 2015

Kreatifitas tanpa batas yang kian ditunjukan oleh banyak orang melalui hasil karya yang memukau kini ditampilkan oleh para peserta Pekan Jurnalistik LPM PCYCO FK Unud. Pekan Jurnalistik yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini semakin diapresiasi. Hal tersebut terbukti dari semakin banyaknya peserta yang mengikuti perlombaan Pekan Jurnalistik yang dikenal dengan PETIK baru-baru ini pada 1 November 2015.

Peserta PETIK kali ini diikuti oleh siswa dari jenjang Menengah Pertama dan Menengah Atas. Siswa- siswa SMP dan SMA ini terlihat sangat antusias dalam mengikuti lomba pembuatan mading ini. Dimulai dari rangkaian awal PETIK yaitu diadakannya technical meeting pada 25 Oktober 2015 mengenai mekanisme lomba yang diadakan. Antusias peserta dan para pembina dalam mendampingi siswanya untuk mengikuti technical meeting juga mewarnai proses tanya jawab.

Diikuti oleh 20 tim dari jenjang SMA dan 22 tim dari jenjang SMP se-Bali ini membuat acara PETIK yang diadakan di gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menjadi lebih semarak. Registrasi ulang peserta dimulai dari pukul 07.30 WITA dan dilanjutkan dengan sidak dari panitia mengenai kelengkapan para peserta. Pukul 8.30 WITA dilakukan pembukaan acara PETIK di ruang kuliah 4.01 dan 4.02 FK Unud. Pengerjaan mading oleh peserta SMP maupun SMA dilakukan serempak yaitu dimulai dari pukul 09.00 WITA sampai 12.00 WITA untuk sesi I. Istirahat dilakukan selama 30 menit dan dilanjutkan sesi II pembuatan mading sampai pukul 16.00 WITA.

Mading yang ditampilkan oleh para peserta SMP dan SMA tidak lepas dari tema PETIK 2015 yaitu “Voice the Awareness of Health Through Journalism”. Membahas mengenai kesehatan dan mengajak para pembaca agar sadar akan kesehatan yang merupakan tujuan dari pembuatan mading para peserta PETIK. Dengan ketentuan mading 2D untuk SMP dan mading 3D untuk jenjang SMA menjadikan semarak PETIK lebih berwarna. Beragam bentuk, hiasan, dan keunikan artikel yang dimuat menjadi cerminan kreatifitas dari para peserta yang ditunjukkan.

Setelah sesi II pembuatan mading selesai, dilanjutkan dengan pengunggahan foto setiap mading peserta oleh panitia di akun Instagram LPM PCYCO untuk mencari juara favorit di kategori jenjang SMP dan SMA. Saat pengumuman pemenang perlombaan mading, diumumkan juga pemenang foto Intagram, yaitu Made Kusuma Wardana, Johan Andrasili, dan Ida Ayu Wina Pratiwi. Dan Johan Andrasili juga terpilih menjadi juara favorit.

Pemenang lomba PETIK 2015 dengan mading 2D jenjang SMP jatuh pada SMPN 1 Denpasar sebagai juara I, juara II SMPN 3 Denpasar, dan juara III yaitu SMPN 1 Gianyar, serta juara favorit dimenangkan oleh SMP Taman Rama. Sedangkan untuk mading 3D jenjang SMA juara I diraih oleh SMAK Santo Yoseph, juara II SMAN 2 Amlapura, SMAN 1 Kuta Selatan, dan juara favorit diraih oleh SMAN 1 Gianyar.

Selamat untuk para pemenang foto Instagram, mading 2D jenjang SMP, dan mading 3D jenjang SMA. Diharapkan melalui ajang penyaluran kreatifitas dengan pembuatan mading ini dapat menambah kekompakkan antarpeserta sekaligus menyuarakan dan sadar bahwa pengetahuan kesehatan adalah hal dasar yang penting untuk dilaksanakan ataupun dibagi ke setiap orang (Rahayu Winda).

Mading  Juara di masing-masing Kategori

Mading pemenang lomba PETIK 2015

Juara Mading Di masing-masing Kategori

Perwakilan para pemenang lomba mading PETIK 2015, selamat kepada para juara, jangan berhenti untuk berkarya

Tinggalkan komentar