Home » Artikel » KMPA FK Unud – Regenerasi Kualitas Melalui Pelatihan Dasar

KMPA FK Unud – Regenerasi Kualitas Melalui Pelatihan Dasar

 

Denpasar – InjeksiOnline.com. Pelatihan Dasar atau yang lebih dikenal dengan Latdas, merupakan serangkaian kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa baru untuk bergabung dalam organisasi kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud). Kelompok Mahasiswa Peduli Aids (KMPA) sebagai salah satu organisasi mahasiswa yang ada di lingkungan FK Unud juga menyelenggarakan Latdas untuk menjaring individu yang memang memiliki ketertarikan dan kepedulian terhadap permasalahan HIV dan AIDS di masyarakat. Ada yang berbeda dari pelaksanaan latdas KMPA 2011 ini, latdas yang tahun sebelumnya dilakukan tiga kali, tahun ini hanya dilakukan satu kali dengan sebelumnya tekah dirangkaikan dengan dua kali kediatan prelatdas. “Berbenah dari pelaksanaan latdas tahun sebelumnya, tahun ini latdas dibuat dengan konsep yang berbeda tetapi sebagian besar materi masih sama seputar HIV dan AIDS, NAPZA dan remaja (kespro red.)”, tukas Eddy Pramana selaku ketua.

Mengusung tema “Get the knowledge and let’s fight HIV and AIDS” latdas KMPA 2011 ini diharapkan mampu untuk mengembangkan sumber daya terutama calon anggota KMPA nantinya dalam berpikir kritis dan lebih peduli terhadap permasalahan HIV dan AIDS. Latdas yang berlangsung pada 14 Januari 2012 ini melibatkan 85 panitia dengan jumlah peserta mencapai 136 calon anggota KMPA. “Awalnya jumlah peserta mencapai 142 peserta pada prelatdas, namun karena seleksi alam peserta yang tersisa hanya 136,” tukas Eddy.

Rangkaian kegiatan pada prelatdas dan latdas KMPA ini diisi dengan pemberian materi yang menarik dan tentunya oleh pakar-pakar yang berkompeten di bidang HIV dan AIDS, NAPZA dan remaja. Namun selain pemberian materi tersebut, calon anggota juga dibekali dengan materi vital sign dan diberikan kesempatan untuk melakukan simulasi pada saat yang sama. “kami dari panitia memutuskan untuk menambahkan materi dan simulasi mengenai vital sign karena sangat erat kaitannya dengan program kerja divisi pengabdian masyarakat pada KMPA FK Unud,” lanjut Eddy.

Antusias peserta latdas sangat tinggi ketika mendapat kesempatan untuk melakukan kegiatan outbond di lingkungan kampus. Kegiatan outbond yang diisi dengan permainan yang menuntut teamwork yang baik ini merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati pada rangkaian latdas KMPA ini. “Semoga dengan dilaksanakannya latdas ini mampu memberi regenerasi pada organisasi KMPA, agar kedepannya sumber daya yang ada dan tergabung memiliki kualitas yang sangat baik. Dan tentunya semoga kedepannya BSO kami tidak hanya terkenal oleh kuantitasnya yang tinggi tetapi kualitas dan program kerjanya yang bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Eddy diakhir wawancara. (Wayan Dedek) edited by @yudofandhie

Tinggalkan komentar