Home » FK Unud » KINESIO, Ajang Menunjukkan Kepedulian ala HM Fisioterapi

KINESIO, Ajang Menunjukkan Kepedulian ala HM Fisioterapi

Terapi-manipulasi-dalam-yankes-Kinesi

Terapi-manipulasi-dalam-yankes-Kinesio

Denpasar – injeksionline.com. Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) kembali menunjukkan eksistensinya belum lama ini. Hal itu diwujudkan melalui pelaksanaan kerja sosial yang disebut dengan “KINESIO”. Kinesio  merupakan kegiatan kerja sosial perdana HM Fisioterapi. Kegiatan ini awalnya belum memiliki nama, nama dari kerja sosial ini kemudian baru diputuskan setelah dilakukan voting oleh tiga angkatan mahasiswa program studi Fisioterapi FK Unud. Kinesio merupakan singkatan dari Kegiatan Eksternal Sosial Fisioterapi.

Kinesio, yang diketuai oleh Kadek Ngurah Dwi Putra Negara ini, dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 24-25 November 2012, bertempat di Banjar Piling Kawan, Desa Mangesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Kegiatan tersebut melibatkan 41 panitia dan diikuti oleh 70 peserta, didampingi oleh dosen-dosen dari bagian Program Studi, dan tiga orang mahasiwa matrikulasi. Panitia kegiatan pelayanan kesehatan ini adalah mahasiswa Fisioterapi FK Unud semester tiga dan lima yang diseleksi melalui open recruitment.

 

Putra, sang ketua, berkata ”Alasan kegiatan ini dilaksanakan adalah karena kehidupan sehari-hari masyarakat di pedesaan yang sangat sering melakukan aktifitas yang dapat memicu gangguan pada sistem gerak fungsional. Kegiatan tersebut contohnya melakukan pekerjaan yang melibatkan pengangkatan beban yang berat dengan posisi yang tidak benar atau tidak ergonomis. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada semua region tubuh dan dapat mengganggu akifitas sehari-hari. Dengan demikian tentu perlu diadakan suatu penanganan serta pencegahan. Berkat informasi dan usulan dari salah satu pengurus HM, maka diputuskan untuk melaksanakan kersos di Banjar Piling Kawan. Ini dilakukan dengan pertimbangan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani dan banyak diantara mereka yang mengalami gangguan tersebut”.

 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setempat melalui kegiatan pelayanan kesehatan dan pendidikan kesehatan berupa penyuluhan seputar masalah kesehatan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku kuliah; mengasah keterampilan mahasiswa dalam berkomunikasi maupun kemampuan medis; dan tentunya mengembangkan dan meningkatkan rasa kepedulian dan pengabdian mahasiswa terhadap masalah sosial dan kesehatan yang ada di masyarakat.

 

Bentuk kegiatan yang  diadakan adalah  pendidikan kesehatan berupa penyuluhan mengenai “Control posture” kepada siswa-siswi SD setempat; penyuluhan “Low back pain, osteoarthritis, cervical root  syndrome” kepada warga di banjar; pembagian susu kepada siswa SD; dan pelayanan kesehatan fisioterapi berupa terapi manipulasi dan terapi latihan serta edukasi dalam melancarkan aktifitas fungsional. Kemudian dilanjutkan dengan malam keakraban peserta dengan masyarakat setempat. Keeseokan harinya dilaksanakan Senam Jantung Sehat yang dipandu oleh mahasiswa Fisioterapi; pembagian bubur kacang hijau oleh panitia ke warga desa; kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan bakti sosial berupa bersih-bersih desa.

 

Putra mengatakan bahwa kegiatan ini disambut dengan sangat baik oleh warga. Dengan kerja keras seluruh panitia serta kerjasama yang baik dengan warga desa, kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sangat lancar dan dapat dikatakan sukses. Ia berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali oleh generasi HM Fisioterapi berikutnya dengan lebih baik. (Sita)

Terapi-manipulasi-dalam-yankes-Kinesi

Tinggalkan komentar