IT Pcyco/ April 30, 2018/ FK Unud, Himpunan Mahasiswa (HM)/ 0 comments

Ajang Kreatifitas Akbar (AKA) merupakan rangkaian hari jadi dari program studi Kesehatan Masyarakat. Pada tahun 2018 ini, program studi Kesehatan Mayarakat tepat menginjak pada usia 17 tahun. Kata Akbar pada AKA merupakan akronim dari Angkatan Baru yang bermakna bahwa seluruh rangkaian acara dan kepanitiaan diselenggarakan oleh angkatan baru dari Program Studi Kesehatan Masyarakat. Pada Malam minggu kemarin, yaitu tanggal 28 April 2018, merupakan malam puncak dari acara AKA yang telah berlangsung selama sekitar satu bulan kebelakang.

Dalam kesempatan ini, LPM PCYCO dapat bertemu langsung dan melakukan wawancara dengan Ketua Panitia dari acara AKA 2018, yaitu Ni Putu Pradnya Paramita. Beliau menuturkan bahwa acara AKA ini merupakan program kerja Bidang III HMKM (Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat) dan memang kepanitiaannya diperuntukkan bagi angkatan baru, yaitu angkatan 17. Pada tahun ini, AKA mengusung tema Gemilang Aksi dalam Kreasi yang bermakna bahwa sebagai seorang mahasiswa kita harus menunjukkan kreativitas melalui aksi-aksi kita dan melakukannya tanpa banyak bicara.

Pada tahun 2018, acara AKA sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena terdapat satu kegiatan baru yang sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak SMA se-Bali. Kegiatan tersebut adalah Lomba Debat Bahasa Indonesia untuk jenjang SMA se-Bali. Selain itu, masih terdapat 6 kegiatan lain dalam acara AKA ini yang diawali dengan Bakti Sosial, Seminar, Fun Walk, Lomba CWC (Creative Writing Competition), Lomba Video Promkes AKA 2018, dan yang terakhir adalah Malam Puncak.

Malam Puncak AKA 2018 berlangsung sangat meriah dengan penampilan-penampilan yang sangat menarik dari mahasiswa, dosen dan ketiga bintang tamu. Acara malam puncak diawali dengan sambutan-sambutan yang diberikan oleh Dekan, Ketua Panitia, Ketua HMKM,  Ketua BEM FK UNUD, serta Presiden Mahasiswa dari BEM PM UNUD. Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan Tari kebesaran PSKM yang dibawakan oleh mahasiswa-mahasiswi PSKM, Choir HMKM, penampilan Band HMKM yang memukau, One Way Anova Band serta Capoerra SMANSA. Malam puncak ini juga menjadi ajang untuk medekatkan diri diantara dosen, angkatan lama, angkatan baru serta mahasiswa-mahasiswi yang telah menjadi alumnus PSKM. Keakraban ini tercermin melalui Atraksi Angkatan dari angkatan 2014-2017 dan Matrikulasi 2017, Penampilan dari para dosen PSKM FK UNUD, Penampilan Anak Dosen PSKM FK UNUD serta Nominasi STAR (Student Award) dan Nominasi Dosen.

Acara Malam Puncak AKA 2018 ditutup penampilan Ketiga Bintang Tamu, yaitu penampilan yang sangat mengocok perut dari lawakan Celokontong Mas, alunan music merdu dari Leeyonk Sinatra dan penampilan yang apik dari si cantik DJ Berlin Bintang. Pada kesempatan ini pula, Ketua Panitia AKA 2018 menyampaikan semoga pada usia yang ke-17 ini PSKM yang semakin dewasa dapat lebih maju dengan membawa mahasiswa-mahasiswinya kejenjang yang lebih tinggi serta dapat mengharumkan nama Fakultas Kedokteran UNUD. Akhir kata penulis mengucapkan Selamat Ulang Tahun PSKM yang ke -17 dan sampai jumpa di AKA tahun-tahun berikutnya.

Tinggalkan komentar