Home » FK Unud » Badan Semi Otonom (BSO) » KELOMPOK MAHASISWA PEDULI LINGKUNGAN (KMPL) : AKSI SOLIDARITAS PERINGATAN HARI SAMPAH NASIONAL

KELOMPOK MAHASISWA PEDULI LINGKUNGAN (KMPL) : AKSI SOLIDARITAS PERINGATAN HARI SAMPAH NASIONAL

Antusias peserta dalam mengikuti aksi solidaritas_

Antusias peserta dalam mengikuti aksi solidaritas_

Pernahkah anda mendengar tentang Hari Sampah Nasional ?

Tahukah anda kapan peringatan Hari Sampah Nasional itu ?

Hari Sampah Nasional diperingati pada tanggal 21 Februari. Dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional, Badan Semi Otonom (BSO) KMPL (Kelompok Mahasiswa Peduli Lingkungan) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) mengadakan Aksi Solidaritas Peringatan Hari Sampah Nasional pada tanggal 21 Februari 2016 yang berlangsung di Lapangan Niti Mandala Renon.

Kegiatan Aksi Solidaritas ini merupakan kegiatan untuk pertama kalinya yang dilakukan oleh BSO KMPL untuk memperingati Hari Sampah Nasional yang telah dipersiapkan selama 2 minggu. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Aksi Solidaritas ini diikuti oleh anggota BSO KMPL serta  turut mengundang BEM, BPM, LPM PCYCO, BEM PM, Bali Wastu dan perwakilan dari masing-masing LMFK, HM, dan BSO yang berada di lingkungan FK Unud, dengan jumlah total peserta sekitar  42 orang.

Kegiatan ini diawali dengan doa, dilanjutkan dengan pembacaan laporan oleh ketua panitia, penyampaian sambutan oleh ketua BSO KMPL FK Unud serta sambutan Wakil Ketua BEM FK Unud yang sekaligus membuka kegiatan Aksi Solidaritas tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan melakukan orasi mengelilingi Lapangan Niti Mandala Renon sambil memunguti sampah plastik yang terdapat disekitar lapangan. Aksi ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai Hari Sampah Nasional sekaligus mengajak masyarakat disana untuk ikut memunguti sampah plastik yang berada disekitar mereka serta membuang sampah pada tempatnya. Untuk menarik minat masyarakat , panitia juga menyediakan hadiah bagi 25 orang pertama yang mengumpulkan sepuluh botol plastik, maka berkesempatan untuk mendapat hadiah berupa satu buah goodie bag. Hal ini dilakukan mengingat akan adanya plastik berbayar, sehingga masyarakat dihimbau untuk menggunakan tas berbahan kain dan bukan plastik. Dalam orasi tersebut, telah disampaikan pula betapa bahanya dampak dari sampah plastik itu bagi kehidupan kita, seperti banjir yang baru-baru ini terjadi dan telah menggenangi beberapa titik daerah di Bali.

Antusias kegiatan aksi solidaritas tersebut dapat dilihat pada saat orasi berlangsung, aksi solidaritas ini mendapat dukungan dari organisasi-organisasi yang juga melakukan orasi disekitar Lapangan Niti Mandala Renon seperti SAMAS (Sekretariat Bersama Sepeda) dan PAMI BALI.Bahkan untuk beberapa saat, mereka  bergabung dalam meyampaikan orasi memperingati Hari Sampah Nasional. Menurut bapak Hendra yang merupakan salah satu anggota SAMAS, beliau sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan mengharapkan agar tidak hanya mengenai masalah lingkungan saja, tetapi juga masalah-masalah sosial lainnya perlu dilakukan aksi-aksi seperti ini oleh mahasiswa FK Unud. Selain itu, beliau juga menyampaikan kekecewaannya mengenai jumlah peserta yang turun ke jalan masihlah sangat sedikit. Beliau berharap agar kedepannya lebih banyak lagi mahasiswa yang turun ke jalan untuk bersama-sama melakukan aksi solidaritas seperti ini.

I Gede Wintana selaku ketua panitia mengatakan bahwa respon dan kesadaran masyarakat sangat kurang terhadap lingkungan, untuk itu BSO KMPL mengadakan aksi solidaritas ini. Dan apabila kegiatan ini berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya, diharapkan agar pembentukkan panitia dan persiapan dilakukan jauh-jauh hari agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Selain itu, I Gede Wintana berharap agar kedepannya masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan dapat dimulai dari sampah plastic di rumah tangga masing-masing.

Bagaimana dengan lingkungan disekitar anda? Sudahkah rumah anda terbebas dari sampah plastik?  (Rista)

PAMI BALI turut menyampaikan orasi dalam aksi solidaritas ini_

PAMI BALI turut menyampaikan orasi dalam aksi solidaritas ini_

Antusias kegiatan aksi solidaritas oleh organisasi masyarakat_

Antusias kegiatan aksi solidaritas oleh organisasi masyarakat_

Foto bersama peserta aksi solidaritas_

Foto bersama peserta aksi solidaritas_

orasi dilakukan dengan mengelilingi Lapangan Niti Mandala Renon sambil memungut sampah disekitar lapangan_

orasi dilakukan dengan mengelilingi Lapangan Niti Mandala Renon sambil memungut sampah disekitar lapangan_

SAMAS (Sekretariat Bersama Sepeda) sedang memberikan orasi bersama-sama dengan peserta aksi solidaritas BSO KMPL FK Unud_

SAMAS (Sekretariat Bersama Sepeda) sedang memberikan orasi bersama-sama dengan peserta aksi solidaritas BSO KMPL FK Unud_

Tinggalkan komentar