Home » Featured » Jauh-Jauh ke Bali Hanya Untuk AIDS

Jauh-Jauh ke Bali Hanya Untuk AIDS

 

DENPASAR, INJEKSIONLINE.com – Jumat, 30 September 2011, Lembaga Pers Mahasiswa Pers and Cyber Community (LPM Pcyco) mendapatkan kesempatan untuk meliput kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh Negara tetangga, Australia. Kegiatan yang berupa penyuluhan mengenai AIDS ini bertema “Youth Movement”.

 

Penyuluhan ini diikuti oleh empat mahasiswa dari Community Development, Melbourne University, satu dosen pembimbing mereka, dan bekerjasama dengan Radio Heartline FM 92.2, mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana, serta Karang Taruna Desa Tulikup. Penyuluhan yang berlangsung dari pukul 17.00 – 19.00 WITA ini bertempat di Kantor Kepala Desa Tulikup, Kabupaten Gianyar.

 

Kegiatan ini salah satunya berupa pembagian kondom gratis. Peserta penyuluhan sejumlah 20 orang, baik pemuda, maupun pemudi. Selain penyuluhan, kegiatan ini juga bergerak dalam pembuatan iklan layanan masyarakat tentang isu-isu terbaru di sekitarnya, baik berupa spanduk, siaran radio, atau selebaran.

 

Penyuluhan ini dibuka oleh Laura (mahasiswa Melbourne), dilanjutkan dengan sambutan dari salah satu perwakilan mahasiswa Melbourne bernama Cellia. Semua panitia yang terlibat dalam kegiatan ini memakai polo-shirt dengan tulisan “Bali Work Placement” dibelakangnya.

 

Kepala Desa mengatakan bahwa kegiatan ini sangat mendidik, mengingat sejak pembangunan by pass yang melintasi daerah mereka, pengaruh buruk semakin banyak. Ditambah pula dengan menjamurnya “warung malam” atau tempat-tempat hiburan lainnya. Hal ini diperparah dengan sudah adanya satu pemuda di desa ini yang positif HIV.

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh dua remaja dari Forum Anak Daerah.

 

Penyuluhan yang menginfokan mengenai cara penularan HIV dan pencegahannya ini, juga mengajari cara penggunaan kondom yang benar. Selepas acara, para peserta dihimbau untuk menuliskan keinginan-keinginan mereka diatas kertas warna-warni dan menggantungkannya di “Pohon Harapan”. Sebuah inovasi yang sungguh unik. Semoga kelak remaja-remaja di Indonesia menjadi lebih baik dan membanggakan! (Reqgi First Trasia) edited by @yudofandhie

 

Tinggalkan komentar