Home » Akademik » Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru FK UNUD Tahun 2014

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru FK UNUD Tahun 2014

FK UnudFakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK UNUD) tahun ini kembali menyediakan “kursi” bagi lulusan SMA dan sederajat yang akan melanjutkan pendidikannya di jenjang perkuliahan. Sama seperti tahun sebelumnya, FK UNUD menerima mahasiswa baru melalui 3 jalur, yaitu SNMPTN 2014, SBMPTN 2014, dan PMDK UNUD 2014.

SNMPTN 2014 akan dilaksanakan dalam berbagai tahap, yang pertama yaitu pengisian PPDS yang dimulai pada tanggal 6 Januari sampai tanggal 6 Maret. Kemudian pendaftaran SNMPTN 2014 akan dimulai pada tanggal 17 Februari sampai tanggal 31 Maret, dan akan dilanjutkan dengan proses seleksi pada tanggal 1 April sampai tanggal 26 Mei. Hasil seleksi SNMPTN ini akan diumumkan pada tanggal 27 Mei 2014, bersamaan dengan diselenggarakannya SBMPTN 2014. Baik SNMPTN 2014 maupun SBMPTN 2014 pendaftarannya dilaksanakan melalui sistem online. Sedangkan PMDK 2014 akan dilaksanakan setelah SBMPTN 2014.

Tahun ini, FK UNUD siap menerima sekitar 580 calon mahasiswa baru dengan persentase yaitu 50% dari hasil seleksi SNMPTN, 30% dari hasil seleksi SBMPTN, dan sisanya yaitu sebesar 20% dari hasil seleksi PMDK. Selain itu, khusus untuk Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD), ada mahasiswa yang diterima melalui jalur prestasi olimpiade, peraih UN tertinggi, dan mahasiswa kelas Internasional yang meliputi mahasiswa dari Malaysia. Rincian daya tampung masing-masing program studi adalah 250 kursi di PSPD, bertambah sebanyak 50 kursi dari tahun lalu yang hanya menampung 200 mahasiswa karena mengingat PSPD kini telah meraih akreditasi A. Kemudian 70 kursi di Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), 80 kursi di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (PS IKM), 60 kursi di Program Studi Psikologi (PS Psikologi), 50 kursi di Program Studi Fisioterapi (PS Fisioterapi), dan yang terakhir 50 kursi di Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG). “Khusus untuk PSPDG, karena masih baru, saya belum mengetahui secara pasti apakah PSPDG sudah masuk di dalam daftar pilihan SNMPTN 2014 atau belum. Kalau nama PSPDG UNUD tidak ada di daftar pilihan SNMPTN 2014, maka para siswa SMA bisa memilih PSPDG UNUD saat mengikuti SBMPTN 2014 nanti”, tutur Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes. selaku Pembantu Dekan 1 di FK UNUD.

Mengenai lintas jurusan, terutama untuk PS Psikologi yang berada dalam lingkup IPS, Dr. Adiatmika mengatakan bahwa tahun ini lintas jurusan masih berlaku, dalam artian siswa yang berasal dari jurusan IPA boleh memilih PS Psikologi baik pada jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun PMDK. Yang tidak diperbolehkan adalah siswa dari SMK Kesehatan atau SMK Keperawatan yang hendak mencari PSPD.

Dr. Adiatmika juga menegaskan bahwa para siswa SMA yang hendak mendaftar di FK UNUD agar berhati-hati dan tidak percaya pada “calo” yang menawarkan bantuan untuk masuk ke FK melalui jalur belakang, karena penerimaan mahasiswa baru di FK UNUD murni dari hasil tes, dan tidak dibenarkan jika ada yang mengatakan bahwa kalau tidak membayar maka tidak akan lulus di FK UNUD.

One comment

  1. di website resminya UNUD siswa SMK bisa mendaftar pendidikan dokter??

Tinggalkan komentar