Home » Akademik » Ikut PTT Depkes, yuk!!!

Ikut PTT Depkes, yuk!!!

Oleh :

dr. Deasy Ayuningtyas Tandio, Sked

Teman-teman dokter gigi dan dokter umum, sudah tahu mau kerja apa sesudah lulus? Kalau kamu tertarik bekerja di daerah-daerah eksotis di Indonesia, gak ada salahnya kalau mendaftar sebagai pegawai tidak tetap (PTT) di Departemen Kesehatan RI (Depkes RI).

Menimba Pengalaman

Daerah-daerah terpencil di Indonesia seringkali kekurangan dokter sehingga dokter PTT sangat diperlukan. Daerah layanan di tempat tugas juga biasanya luas, ada yang hanya melalui jalan darat (kadang perlu jalan kaki beberapa kilometer), ada yang harus dicapai melalui sungai ataupun laut, kadang ada yang perlu terbang ke lokasi karena tidak adanya transportasi dengan cara lain.

Dokter di daerah terpencil dapat menimba pengalaman dari pertemuan dengan pasien miskin hingga kaya, sakit ringan hingga berat, dan juga bertindak dengan fasilitas yang terbatas. Fasilitas di tempat PTT juga biasanya terbatas, jadi kita perlu siap mental. Tapi justru hal ini yang bikin pengalaman PTT kita tambah seru. Penyakit-penyakit yang tidak biasa kita temui di kota juga ada loh, mulai dari frambusia, malaria, sampai anthrax.

Di tempat tugas, seorang dokter bukan cuma melayani pasien. Seringkali, dokter juga harus menangani program kesehatan seperti surveilance penyakit, penanganan KLB (kejadian luar biasa atau outbreak), merencanakan pengobatan masal dan penyuluhan, juga mendidik dan melatih tenaga kesehatan yang lain.

Sekalian Jalan-Jalan

Tidak jarang tempat PTT itu dekat dengan tempat wisata nasional yang gaungnya terkenal sampai mancanegara. Misalnya, teman-teman yang PTT di NTT bisa menghabiskan weekend di danau tiga warna di Gunung Kelimutu, melihat komodo di Pulau Rinca, juga diving di bagian selatan Pulau Flores. Teman-teman yang PTT di Papua bisa snorkling atau diving di Kepulauan Raja Ampat.

Dan Menabung

Gaji pokok dokter gigi dan dokter umum PTT Depkes RI besarnya Rp2.000.000,00 per bulan . Insentif daerah terpencil Rp3.000.000,00, sedangkan daerah sangat terpencil besarnya Rp5.000.000,00 per bulan. Gaji dikirim lewat rekening pos. Beberapa daerah menawarkan insentif tambahan, seperti beberapa kabupaten di Papua menawarkan insentif lebih dari Rp5.000.000,00, Sulawesi Rp3.000.000,00, NTT Rp300.000,00 hingga Rp1.000.000,00 per bulan. Tapi itu semua belum termasuk pajak ya. Pengeluaran di tempat tugas tergantung sarana dan fasilitas yang sudah disediakan pemerintah setempat. Kadang ada yang tidak menyediakan rumah dinas sehingga harus kontrak rumah, ada yang tidak ada listrik ataupun sinyal hp, ada pula daerah yang fasilitasnya lengkap. Supaya lebih yakin mengenai fasilitas yang ada di daerah yang dituju, ada baiknya kalau kita tanyakan pada kolega yang sudah berada di sana.

Gimana Cara Daftar PTT Depkes?

Pendaftaran PTT untuk dokter umum dan dokter gigi buka setiap bulan Maret, Mei, dan Agustus, atau bisa lebih awal. Pendaftaran dilakukan secara online di website biro kepegawaian Departemen Kesehatan (www.ropeg-depkes.or.id). Karena pendaftaran hanya dibuka selama 1 minggu, sebaiknya menjelang bulan-bulan tersebut rajin mengecek ke website itu. Di sana bisa dilihat surat-surat apa yang dibutuhkan, formulir apa yang perlu diisi, juga tenggat waktu pendaftaran dan tanggal pengumuman penerimaan PTT. Setelah mengisi formulir di website (memilih daerah yang diinginkan, kriteria terpencil/sangat terpencil, pernyataan bersedia atau tidak ditempatkan di tempat lain di seluruh Indonesia, dsb), jangan lupa kirimkan berkas-berkas yang diminta melalui pos. Selanjutnya, tinggal tunggu pengumuman deh. Gampang kan?

dr. Deasy Ayuningtyas Tandio, SKed. adalah alumni Universitas Udayana tahun 2008 (angkatan Double Helix), PTT di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), selama 2 tahun.

dr. Adi Sujana Putra, S. Ked (Angkatan Dimorphix)

PTT daerah ST (sangat terpencil) di Konawe Utara, Propinsi Sulawesi Tenggara

Keadaan Puskesmas

Jarak 4 jam dari kota, jalan perkerasan bukan aspal. Kalau hujan mudah banjir, jadi terisolasi. Rumah dinas tersedia. Aku tinggal bareng bidan, analis (petugas lab), dan dokter lain. Listriknya hidup jam 6 sore sampe 10.30 malam. Air diambil dari sumur, kadang kalau sumurnya kering ya ambil air di kali, atau kalau mesin penyedot airnya rusak ya ambil air di kali. Tersedia motor dinas tapi Cuma ada 1, sedangkan dokternya ada 2. Katanya tahun depan akan ada pengadaan motor dinas lagi. Puskesmasnya terima pasien rawat inap, tapi aku masih sempat nyambi di klinik perusahaan nikel. Dokter yang lalu dilarang buka praktek pribadi oleh kepala puskesmas.

Insenda

Katanya baru ada tahun depan.

Rencana Perpanjang Kontrak?

Belum tau. Kalau ada tawaran dari perusahaan itu (nikel) mungkin lebih baik (pindah).

dr. Pande Made Satrya Dharma Patni, SKed (Angkatan Dimorphix)

Mulai PTT periode April 2012 di Kab. Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Keadaan Puskesmas

Ada listrik cuma 12 jam saja, air sumur, pake pompa listrik, jadi nyala kalo listrik nyala. Klo gak pake pompa, ya, nimba air jadinya. Listrik nyala dari jam 6 malam sampai 6 pagi, 2 bulan yang lalu Cuma nyala 6 jam. Air disini payau, sedikit asin karena dekat pantai. Tidak ada motor dinas. Sebenarnya ada, tapi sudah rusak berat dan aku males perbaiki karena harus pakai dana sendiri. Dana perbaikan motor antara ada dan tiada. Sinyal HP terbatas, cuma ada sinyal kalo hp ditaruh dekat jendela. Jadi kalau nelpon pakai loudspeaker atau head set. Sinyal didapat dari kabupaten sebelah (Luwuk). Kita harus menyebrang laut 3 jam dengan kapal kalau mau ke Luwuk.

Wilayahnya kepulauan, tapi puskesmasku gak punya speed boat sendiri. Kalau merujuk pasien ke RS Luwuk karena lebih dekat daripada ke RSUD Banggai. Merujuknya harus pakai kapal yang disewa sendiri oleh keluarga pasien. Kayak pasien inpartu letak lintang tadi siang, baru mau dirujuk setelah dibujuk habis-habisan dan dikasih pesangan oleh kapus (kepala puskesmas) dan aku (uang saku sendiri). Banyak orang miskin di sini, jadi agak susah kalau mau merujuk.

Insenda

Gak ada dari jaman kepala dinas yang lalu (sekarang beliau dipenjara kena kasus korupsi). Kadis baru dilantik janji akan mengusahakan insenda tapi belum ada realisasinya.

Rencana Perpanjang Kontrak?

Iya karena masyarakat sudah mulai cocok berobat sama aku, tapi keluargaku gak kasih ijin.

4 comments

  1. artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih injeksi online

  2. Mahasiswa FK perlu artikel2 yg kayak gini nih 🙂

  3. Hallo dok
    terima kasih infonya
    kira2 kalau mau daftar PTT daerah di banggai untuk dokter gigi tahun ini atau tahun depan apa dibuka dok?
    kalau mau tau informasinya dimana ya dok?
    terima kasih banyak 🙂

Tinggalkan komentar