Home » FK Unud » Badan Semi Otonom (BSO) » HUT KE-4 KMPL FK UNUD “KEEP MEMORIES, SHARE THE MOMENT

HUT KE-4 KMPL FK UNUD “KEEP MEMORIES, SHARE THE MOMENT

Acara pelepasan balon

Acara pelepasan balon

Pada tanggal 5 Desember 2015, KMPL (Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan) FK Unud mengukir kenangan indah di Pantai Serangan dalam rangka HUT KMPL yang ke-4 yang sebenarnya jatuh pada tanggal 4 Desember. Selama 4 tahun, KMPL FK Unud telah melakukan berbagai aksi nyata dalam upaya melestarikan lingkungan. Pada hari jadinya yang ke-4, KMPL FK Unud mengambil tema “Keep memories, share the moment” untuk mengajak pengurus dan anggota KMPL dapat saling mengakrabkan diri dan kebersamaan serta selalu peduli akan kelestarian lingkungan.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa undangan, diantaranya drh. I Made Subrata selaku pembina BSO KMPL FK Unud, perwakilan Bali Tribune, perwakilan BEM PM Unud, perwakilan BEM FK Unud, perwakilan dari beberapa himpunan mahasiswa yang ada di lingkungan FK Unud, perwakilan dari BSO KOMPAK dan KIH, perwakilan Menwa Unud, serta perwakilan Mapala Unud. Tentunya acara HUT ke-4 KMPL FK Unud dimeriahkan juga dengan seluruh anggota dari KMPL FK Unud. Acara pertama adalah pembukaan yang diisi oleh pembacaan laporan ketua panitia, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua BSO KMPL FK Unud, perwakilan BEM FK Unud, serta sambutan pembina BSO KMPL FK Unud sekaligus membuka acara HUT ke-4 KMPL FK Unud.

Setelah pembukaan, berikutnya adalah acara yang telah ditunggu-tunggu oleh seluruh undangan dan anggota KMPL FK Unud yaitu kegiatan penanaman terumbu karang. Kegiatan tersebut diawali dengan pengarahan oleh pihak dari Bali Aquarium mengenai cara memotong anakan dari terumbu karang sebelum ditanam ke laut. Antusiasme terlihat dari seluruh anggota KMPL FK Unud dan juga beberapa undangan termasuk pembina BSO KMPL FK Unud yang ikut serta dalam memotong anakan-anakan dari terumbu karang. Selanjutnya beberapa anggota turun langsung ke laut untuk menanam terumbu karang tersebut. Risma Caesar (mahasiswa Fisioterapi angkatan 2013) selaku ketua BSO KMPL FK Unud juga ikut turun ke laut dalam penanaman terumbu karang. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut selain untuk meningkatkan SDA yang ada di laut dan menguntungkan biota laut, menanam terumbu karang juga dapat menguntungkan bagi kita sebagai penanamnya. “Harapan saya kita tidak hanya bisa menanam, tetapi juga bisa mempertanggungjawabkan apa yang kita tanam dengan merawatnya. Seperti arahan dari Bali Aquarium, akan diadakan pembersihan terumbu karang setiap sebulan sekali, jadi kita bisa menikmati indahnya karang-karang di laut setiap bulan, sembari merawat juga dapat merefresh pikiran akibat sumuknya hiruk-pikuk kampus” tutur Risma. Setelah kegiatan penanaman terumbu karang, acara dilanjutkan dengan pelapasan balon oleh pembina dan ketua BSO KMPL FK Unud, perwakilan BEM FK Unud, serta ketua panitia.

Made Riastuti Sumandari, yang kerap dipanggil Sumandari (mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat angkatan 2014) selaku ketua panita mengatakan bahwa perayaan ini bertujuan untuk mempererat kerjasama antar intern KMPL FK Unud dan juga untuk lebih mengeksistensikan KMPL FK Unud di lingkungan ekstern.

Walaupun masih berusia sangat muda, tentu harapan kedepannya BSO KMPL FK Unud dapat mempertahankan eksistensinya. Selamat Ulang Tahun yang ke-4 KMPL FK Unud. (E.J.L)

Kegiatan penanaman terumbu karang di Pantai Serangan

Kegiatan penanaman terumbu karang di Pantai Serangan

Antusiasme para anggota saat pemotongan anakan terumbu karang

Antusiasme para anggota saat pemotongan anakan terumbu karang

Suasana pembukaan acara HUT ke -4 KMPL FK Unud

Suasana pembukaan acara HUT ke -4 KMPL FK Unud

Tinggalkan komentar