Home » FK Unud » HMC 2014: Knowledge is the First Step to Achieve Success

HMC 2014: Knowledge is the First Step to Achieve Success

Para pemenang HMC 2014

Para pemenang HMC 2014

Denpasar-InjeksiOnline.com. Gemuruh tepuk tangan penonton menggema di seluruh penjuru Ruang Theater Widya Sabha yang sekaligus menandai berakhirnya acara puncak Hippocrates Medical Championship 2014. Hippocrates Medical Championship  atau yang biasa disingkat HMC merupakan ajang bergengsi se-Jawa, Bali, dan NTB dengan perlombaan dalam bentuk tim, melingkupi bidang Fisika, Kimia, serta Biologi di dalamnya. Tepat pada Minggu, 16 Februari 2014 ini seluruh rangkaian HMC berakhir dengan melahirkan pemenang-pemenang yang unggul di bidangnya.

Acara puncak HMC 2014 diawali dengan babak semifinal yang kemudian dilanjutkan dengan final. Tim yang telah lolos pada tahap penyisihan 9 Februari 2014 lalu, melanjutkan perjuangan untuk merebut tempat pertama di event skala nasional ini dengan melawan 30 tim lainnya. Dimana sistem yang diterapkan pada babak semifinal adalah rally. Pada tahap ini, para peserta diberi tantangan untuk menjawab pertanyaan dari setiap pos yang tersebar di seputaran gedung FK. Pos-pos tersebut terdiri dari 1 pos siaga, 1 pos istirahat, 9 pos IPA Terpadu, 4 pos diagnosis, dan 1 pos bonus keliling. Sayangnya dari 31 tim yang lolos ke semifinal, hanya 30 tim saja yang berkesempatan hadir pada tahap ini.

Sistem rally ini berlangsung kurang lebih selama tiga jam, dimana untuk satu pos tiap tim maksimal menjawab pertanyaan dalam waktu 10 menit. Setelah sistem ini berakhir, para peserta disajikan berbagai hiburan, antara lain: Tari Kembang Girang, kuis, dan akustik persembahan dari panitia sembari menunggu akumulasi dari babak semifinal. Hingga akhirnya terpilihlah lima finalis yang semakin besar peluangnya untuk merebut Piala Gubernur Bali dan berbagai hadiah lainnya. Kelima finalis tersebut antara lain: SMA Negeri 4 Denpasar, SMANU MH Thamrin, SMA Negeri 1 Singaraja, SMANU MH Thamrin, dan di posisi kelima SMA Negeri 1 Singaraja.

Tim yang beruntung tersebut melanjutkan aksi di babak selanjutnya, yakni babak final. Dimana final sendiri dibagi menjadi dua babak, yaitu: babak presentasi dan cerdas cermat. Pada babak presentasi, kelima finalis tersebut diwajibkan menampilkan materi mengenai Osteoarthritis dan menjawab pertanyaan juri seputaran topik tersebut. Pada HMC 2014 ini, ada tiga juri yang berkesempatan hadir, yaitu dr. I Wayan Subawa, S.Ked, dr. Agung Wiwiek Indrayani, M.Kes, dan dr. Wayan Surudarma.

Setelah presentasi usai, para finalis mengikuti babak cerdas cermat yang terdiri dari babak amplop, rebutan, game, dan soal berantai. Poin  yang telah diperoleh pada saat presentasi digunakan sebagai bekal pada tahap ini. Babak cerdas cermat berlangsung sangat sengit, terjadi kejar-mengejar poin antar tim satu dengan lainnya. Babak yang kurang lebih berlangsung selama 4 jam ini menghasilkan SMANU MH Thamrin atas nama ketua kelompok Hanin sebagai pemenang, dengan skor 3725.

“Melalui tema Scientia Gradus ad Consequi Prospere, saya berharap HMC kali ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, tidak hanya bagi para peserta dan panitia. Bagi para panitia, saya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini, semoga tetap kompak ke depannya”, tutur Obie selaku Ketua HMC 2014. Selain itu untuk kedepannya Obie berharap panitia HMC dapat bekerja sama dengan baik sehingga pada akhirnya dapat menggenggam kesuksesan. “Bagaimana pun, suatu kegiatan yang sukses tidak akan terjadi bila tidak ada kerja sama antar panitia di dalamnya”, pungkas Obie.

Selamat kepada para juara, bagi para peserta yang belum mendapat kesempatan kali ini jangan berkecil hati. Tetap semangat, berlatih, dan berdoa. Sampai berjumpa di HMC 2015. Viva Hippocrates! Oleh      : @yuliantini_

 

Berikut nama-nama pemenang di HMC 2014:

Juara    I                       : SMANU MH Thamrin (Kelompok dari Hanin)

Piala Bergilir Gubernur Bali, piala tetap juara I, uang tunai Rp 4.500.000,00 + Rp 10.000.000,00

(dari Made Mangku  Pastika), piagam

 

Juara    II                      : SMA Negeri 1 Singaraja (Kelompok dari Agustin J. Nanda)

Piala Bergilir Walikota Denpasar, piala tetap juara II, uang tunai Rp 3.750.000,00 dan piagam

 

Juara    III                     : SMA Negeri 4 Denpasar (Kelompok dari Ivan Budi Gunawan)

Piala tetap juara III, uang tunai Rp 3.000.000,00 dan piagam

 

Juara Harapan I           : SMA Negeri 1 Singaraja (Kelompok dari Teddy Hadi Utama)

Piala tetap harapan I, Rp 2.250.000,00, dan piagam

 

Juara Harapan II          : SMANU MH Thamrin (Kelompok dari Wahyu M.)

Piala tetap harapan II, Rp 1.750.000,00, dan piagam

 

The Best

Best Physics                  : Putu Ivan Budi Gunawan (SMA Negeri 4 Denpasar)

Best Chemistry             : Putu Ivan Budi Gunawan (SMA Negeri 4 Denpasar)

Best Biology                  : Kadek Adit Wiryadana (SMA Negeri 1 Singaraja)

Best Diagnosis              : I Wayan Surya Aryana (SMAN Bali Mandara)

Region

I           : SMANU MH Thamrin (Wahyu Martumpal, dkk)

II          : SMA Taruna Bakti Bandung (Anindityo Nugra, dkk)

IV         : SMAK Gloria 1 Surabaya (Janery Fidelia Abraham, dkk)

V          : SMA Negeri 4 Denpasar (Putu Ivan Budi Gunawan, dkk)

VI         : SMA Negeri 1 Mataram (Ni Putu Emi J., dkk)

Sekolah dengan peserta terbanyak      : SMA Negeri 1 Tabanan (35 tim)

 

Tinggalkan komentar