IT Pcyco/ February 11, 2019/ Akademik, FK Unud/ 0 comments

Pewarta : Dayu Indah

Denpasar (Injeksi Online)- Pada tanggal 10 Februari 2019 telah berlangsung acara penutupan Hippocrates Medical Championship (HMC) 2019 yang bertempat di Ruang Pertemuan dr. A.A. Made Djelantik Gedung Barat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. HMC merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh BEM FK Unud setiap tahunnya. Tema yang diangkat untuk HMC tahun ini adalah Early Education For A Better Understanding Of Post-Disaster Disease dan peserta dari kegiatan lomba ini adalah seluruh siswa SMA/SMK sederajat se-Indonesia dari sabang sampai merauke. HMC diadakan untuk memperkenalkan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana utamanya kepada siswa-siswi SMA dan disamping itu acara ini juga bertujuan untuk memfasilitasi mereka di bidang ilmu sains terutama kedokteran.

Rangkaian acara HMC dilaksanakan selama 3 hari yang sudah dimulai pada awal Februari  dengan pembukaan sekaligus babak penyisihan yang diadakan tanggal 3 Februari. Kemudian babak semifinal berlangsung pada hari Sabtu, 9 Februari dan ditutup dengan babak final serta grandfinal yang berlangsung pada hari Minggu, 10 Februari. Dalam pelaksanaanya pada hari terakhir ini terlihat Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B, Sp.OT (K) juga turut hadir dalam memberikan sambutan sekaligus menutup acara HMC secara resmi.

“Tentu saja senang ya, karena ini merupakan kegiatan yang benar-benar dipegang oleh angkatan 2018 (angkatan termuda saat ini), jadi saya sangat senang sekali karena dapat bersama-sama dalam menyukseskan acara HMC ini,” ungkap ketua panitia saat diwawancarai mengenai kesannya selama HMC berlangsung.

Made Favian Budi Gunawan selaku ketua panitia HMC menyatakan bahwa terdapat sedikit perbedaan antara HMC tahun ini dangan tahun-tahun sebelumnya. Favian mengatakan bahwa untuk HMC tahun ini pertama kalinya diadakan region online selain adanya 10 region offline yang tersebar di seluruh Indonesia. Dimana tidak hanya sebagian peserta yang berasal dari 10 daerah yang termasuk dalam region offline yang disediakan panitia saja yang bisa mengikuti kegiatan ini tetapi calon peserta yang berasal dari Papua, Medan atau daerah-daerah di luar 10 region tersebut bisa ikut berpartisipasi dalam HMC tahun ini sehingga dapat benar-benar menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

Dalam rangkaian acara puncak HMC ini yaitu saat pengumuman pemenang lomba, peserta terlihat gugup walaupun sebelumnya sudah dilakukan ice breaking oleh panitia. Adapun untuk pemenang lomba HMC 2019 ini diraih oleh SMA N 4 Denpasar sebagai juara I, SMA N 1 Tabanan sebagai juara II, SMA N 4 Denpasar sebagai juara III, SMA N 1 Gianyar juara harapan I, dan terakhir SMA N 4 Denpasar sebagai juara harapan II.

“Harapan saya agar nantinya HMC terus berkembang dan dapat menjadi tombak untuk memperkenalkan Fakultas Kedokteran dan juga saya harap untuk seluruh orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini mendapatkan suatu hal positif yang dapat dijadikan pelajaran,” pungkas Favian menutup sesi wawancara kami.

Editor : Aristya Prabadewi

Tinggalkan komentar