Home » Artikel » Having Strong Characters

Having Strong Characters

Having Strong Characters

DENPASAR, INJEKSIONLINE.com – Apa kamu merasa jadi manusia plin-plan? Enggak kuat pendirian atau sulit mengambil keputusan? Sering merasa ingin menjadi orang lain? Atau mungkin kamu sering merasa “ABABIL” banget? Well guys, kalau jawaban kamu “Ya” untuk semua pertanyaan ini, this article would be the “must read” item for you. So here we go

Semua orang pasti punya karakter yang berbeda satu sama lain. Tapi apa sih sebenarnya arti kata ‘karakter’? Karakter merupakan sekumpulan kualitas yang membedakan seseorang dari yang lainnya. Character is our qualities. Jadi kalau kamu pengen jadi seseorang yang high quality, pastinya kamu harus punya karakter yang kuat. Banyak orang yang bilang yang paling penting adalah “Just Be Yourself”, tapi kalau ternyata karakter yang kamu punya sekarang belum sepenuhnya menunjukkan diri kamu yang sebenarnya, mungkin ungkapan yang lebih tepat ialah “Just Be More than Yourself and Shine upon the Shadow”. Berikut adalah poin yang harus kamu miliki untuk menjadi seseorang berkarakter kuat.

  1. 1.      Vitality (zest, enthusiasm, vigor, energy)

Mentari pagi sudah tersenyum dengan lebarnya dan saatnya kamu membalas senyumannya. Bukan berarti mukamu jadi masem kalau ternyata hujan atau mendung waktu pagi lho. Hadapi pagi dengan penuh semangat. Pump up your spirit and make yourself feel alive everyday! Miliki waktu tidur yang cukup 6-8 jam sehari dan hindari begadang untuk hal-hal yang kurang penting. Orang yang kurang tidur cenderung mudah merasa tersinggung dan sensitif.

 

  1. 2.      Creativity (originality, ingenuity)

Kreatif bukan berarti kamu harus bias menciptakan suatu penemuan ilmiah baru yang mencengangkan seluruh dunia dan membuat kamu meraih hadiah nobel.  Just start with the simple one. Orang yang kreatif berpikir secara konseptual, selalu ingin menciptakan sesuatu yang baru. Jangan ragu kalau kamu punya ide yang absurd, karena semua yang hebat bisanya berawal dari sana. Contohnya “Shinta-Jojo” atau “Briptu Norman” yang mempunyai ide membuat video lipsync dan di-upload, akhirnya malah membuat mereka menjadi sosok yang fenomenal di seantero indonesia.

 

  1. 3.      Curiosity (interest, openness to experience)

Hidup kamu akan sangat membosankan kalau kamu enggak punya ketertarikan terhadap apapun.  Penasaran gimana resep membuat gelato setelah pulang hangout di kedai es krim, siapa nama aktor ganteng banget dalam film yang baru kamu tonton, find them out on internet. Gampang kan? Rasa ingin tahu akan membawa kamu pada hal-hal yang tak terduga.

 

  1. 4.      Persistence (perseverance)

Biasakan untuk menyelesaikan sesuatu yang sudah kamu mulai. Suka menunda atau menggantung suatu pekerjaan akan membuat kamu keteteran akhirnya karena semakin menumpuknya tugas yang harus diselesaikan. Untuk mencapai suatu tujuan, dibutuhkan ketekunan.  No matter how long and hard it takes, just enjoy every obstacle, and you’ll be the winner in the end.

 

  1. 5.      Humor (playfulness)

Jadilah pribadi yang fleksibel. Jangan terlalu serius atau sensitif dalam menanggapi sesuatu. Selalu lihat sisi positif dari setiap masalah. Dan bercanda itu penting lho! Suasana jadi ceria, hati pun senang. Believe it or not, happy people are the most productive one.

 

  1. 6.      Self-Regulation (self-control)

Untuk menjadi pribadi yang konsisten, kita harus belajar mengendalikan diri sebaik mungkin, mampu mengontrol emosi dan keinginan. Because what you want isn’t always what you need. Disiplin juga bagian dari self-control.  Kalau kamu punya disiplin tinggi, enggak ada lagi diet gagal ataupun SKS (sistem kebut semalam) untuk tugas-tugas kamu.

 

  1. 7.      Social Intelligence (emotional & personal intelligence)

Sebagai makhluk sosial, kita harus mampu menempatkan diri karena kita enggak bisa lepas dari pengaruh dan mempengaruhi orang lain. Peka membaca situasi, punya rasa empati dan perhatian terhadap perasaan orang lain dan melihat situasi dan kondisi setiap mau bertindak.

 

  1. 8.      Integrity(authenticity, honesty)

Tanpa integritas, seseorang bisa bercerita bohong demi kebaikannya sendiri. Tanpa integritas, seseorang bisa lari dari tanggung jawabnya. Integritas adalah kualitas unggul karena semakin sedikit orang yang bisa mempertahankannya. Latih integritasmu dengan bersikap jujur dan adil, juga selalu bertanggung jawab terhadap ucapan dan tindakan sendiri.

 

  1. 9.      Bravery

Seperti footer di suatu merek buku tulis yang isinya “you’ll never know ‘till you have tried”, manusia harus berani mengambil langkah. Kalau kamu selalu berada dalam ketakutan, you’ll always stay in shadow. Hidup ini penuh tantangan. Berani mengambil resiko dan berani menghadapi konsekuensinya. Takut salah ambil langkah? Bukannya manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan yang terpenting kita mampu belajar dari kesalahan.

 

  1. 10.  Gratitude

Kalau kamu sering merasa enggak pernah cukup atas apapun, artinya kamu harus belajar untuk lebih bersyukur. Lihat teman punya ponsel keluaran terbaru yang harganya selangit tapi orang tua kamu belum mampu membelikannya untuk kamu. Just be grateful karena seenggaknya kamu tak perlu takut atau was-was saat menggunakan ponsel di tempat umum karena enggak mungkin ada preman yang mau jambret ponsel biasa seperti punyamu.

 

  1. 11.  Spirituality (religiousness, faith, purpose)

Spiritualitas enggak selalu ditentukan dengan sikap keagamaan. Arti yang lebih penting dari spiritulitas adalah having coherent beliefs abou higher purpose, the meaning of life, and the meaning of the universe. Spiritualitas menjadikan pribadi yang “dalam” seperti tahu bahwa kita harus berbagi rezeki, enggak menilai seseorang dari penampilan luarnya, yakin bahwa kebaikan harus diutamakan dan merasakan adanya kekuatan maha besar yang sering kita sebut Tuhan.

(maria c hindom) edited by @yudofandhie

Dikutip dari berbagai sumber.

Tinggalkan komentar