Home » FK Unud » Badan Semi Otonom (BSO) » Grebeg Pasar KOMPAK FK Unud 2012, Tampil Beda dengan Pap Smear Gratis

Grebeg Pasar KOMPAK FK Unud 2012, Tampil Beda dengan Pap Smear Gratis

Denpasar – InjeksiOnline.com. Peranan organisasi mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) tidak hanya sebatas mengasah soft skill yang dimiliki mahasiswa tetapi juga sebagai sarana pelayanan dan penyampaian informasi kesehatan pada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (KOMPAK) FK Unud pada bulan mei yang lalu, yaitu dengan mengadakan kegiatan Grebeg Pasar Kompak FK Unud. Grebeg Pasar yang ketigakalinya ini dilaksanakan pada Minggu, 6 Mei 2012 bertempat di Pasar Agung Peninjoan Peguyangan Kangin, Denpasar. Sasaran dari kegiatan kali ini ialah ibu-ibu yang sedang beraktifitas di pasar Peninjoan dan juga ibu-ibu di sekitar lingkungan pasar Peninjoan tersebut.

Melibatkan 38 orang panitia, kegiatan KOMPAK FK Unud ini diharapkan mampu menjadi salah satu andalan dalam penanganan masalah deteksi dini kanker dan penyebarluasan informasi seputar kanker dan pencegahannya. Diketuai oleh Kadek Gunantari Ariani, Grebeg Pasar kali ini juga bertujuan untuk melatih anggota muda KOMPAK FK Unud untuk bisa menjadi penyuluh yang baik dan mampu menyebarkan informasi mengenai kanker.

Mengusung tema “Prevent and Early Detection for a Better Future of Indonesian Women”, kegiatan ini mendapatkan bantuan dari Persatuan Obstetri dan Ginekologi (POGI), Yayasan Bali Pink Ribbon Bali, serta tentunya pihak Puskesmas Pembantu Peguyangan Kangin dalam penyediaan tempat. “Kami sangat berterimakasih kepada Puskesmas Pembantu Peguyangan Kangin atas bantuan tempat yang disediakan untuk pelaksanaan kegiatan kami ini,” ucap Gunan. Kegiatan Grebeg Pasar 2012 ini tidak hanya diisi dengan penyuluhan pemberian informasi seputar kanker servicks dan payudara semata, tetapi juga diberikan simulasi pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) sebagai salah satu screening kanker payudara paling dini. Selain itu yang membuat kegiatan Grebeg Pasar ini berbeda dari sebelumnya yaitu dengan diadakannya pemeriksaan Pap Smear gratis untuk screening kanker rahim.

Pelaksanaan kegiatan ini bukannya tanpa kendala. Antusiasme target dalam hal ini ibu-ibu yang beraktifitas di pasar Peninjoan tersebut baik pedagang maupun pembeli masih kurang. “Kekecewaan sedikit ada, karena antusiasme masyarakat dalam kegiatan ini masih kurang. Mungkin saja karena faktor waktu yang tidak sesuai,” tukas Gunan. “Walaupun demikian, kami selaku panitia tetap berharap agar apa yang kami lakukan bisa setidaknya memberikan sedikit informasi mengenai kanker dan tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat kedepannya,” lanjut Gunan. Solusi kedepannya untuk kegiatan ini konsepkan kegiatan lebih matang dan perhatikan seluruh kemungkinan yang mungkin terjadi sehingga bisa diantisipasi dan kegiatan dapat berjalan dengan harapan,” tutup Gunan di akhir wawancara. (Wayan Dedek) edited by @yudofandhie

Tinggalkan komentar