Home » FK Unud » Go Green BKFK 53 : Harmonis dengan Lingkungan

Go Green BKFK 53 : Harmonis dengan Lingkungan

Pelaksanaan Go Green BKFK adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang pelaksanaannya pada hari Minggu, 25 Januari 2015. Rangkaian acara dari BKFK 53 ini mengajak kita untuk harmoni, lebih menjaga lingkungan serta untuk mengembalikan ekosistem bakau  yang sudah menipis di kawasan itu.

Go Green BKFK ini dilaksanakan di hutan bakau tepatnya hutan yang berada di wilayah serangan yang tanahnya mulai gundul penanaman ini di wilayah Pulau Serangan, Pura Sakenan tepat di depan SMP Negeri 11 Denpasar. Dalam kegiatatan go green ini membutuhkan bibit bakau sebanyak 280 buah dan patok sebanyak 560 buah untuk memenuhi wilayah yang luasnya sekitar 8 are.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 759 peserta dengan peserta wajib angkatan 2014 yang terdiri dari 6 prodi yaitu PSPD, PSIK, Psikologi dan PSPDG dan petugas teknis.  Diantaranya juga terlihat tamu undangan yang diantaranya Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan III, Kasubag, Kaprodi,  BEM, perwakilan LMFK, perwakilan HM, perwakilan BSO, Mapala Udayana, Lurah, Sispala dari SMA Negeri  1 Denpasar, SMA Negeri 5 Denpasar, SMA Negeri  6 Denpasar dan SMA Negeri 7 Denpasar.

Terlihat peserta sangat atusias mengikuti kegiatan ini, sebelumnya peserta dibagi dua kelompok besar yang akan tersebar di enam pos yang telah disiapkan dan bertugas satu untuk menanam patok dan kelompok satunya lagi bertugas untuk menanam bakau. Penanaman bakau pertama dilakukan oleh Pembantu Dekan I dan dilanjutkan oleh Pembantu Dekan III yang berkesempatan hadir dalam acara ini.

Acara pertama ada pembukaan, lalu pembagian kelompok, ke tempat mulai melaksanakan penanaman lalu berakhir dengan penutupan. Kegiatan ini berlansung dari jam 06.00 WITA sampai jam 09.00 WITA karena air laut sudah mulai naik dan tidak bisa menanam lagi. Ditemui pada acara go green Ketua dan Wakil Badan Eksekutif Mahasiswa FK UNUD mengatakan bahwa sangat penting acara seperti ini dilakukan terus, karena kedokteran bukan hanya berfokus pada aspek manusia saja, tapi penting juga untuk menjaga lingkungan pesisir. Moment yang bagus karena saat FK Ulang Tahun kita juga membagi kebahagiaan kita pada lingkungan. Dalam Ajaran Agama Hindu indahnya keselarasan dengan Tuhan, Manusia dan Lingkungan yang dinamakan Tri Hita Karana. Karena jika menghargai lingkungan, kita akan mendapatkan feedback yang baik juga dari lingkungan. Seluruh rangkaian acara sudah baik dan terstruktur rapi, hanya kendala cuaca dan naiknya air laut memaksa untuk mengakhiri kegiatan yang sangat baik ini.

Pembukaan Go Green BKFK53

Pembukaan Go Green BKFK53

 

Ketua BEM dan Wakil sedang diwawancarai kesan dan pesan

Ketua BEM dan Wakil sedang diwawancarai kesan dan pesan

Ketua BEM dan Wakil Berfoto di depan wilayah penanaman

Ketua BEM dan Wakil Berfoto di depan wilayah penanaman

 

Pembantu Dekan I yang hadir pada saat Go Green

Pembantu Dekan I yang hadir pada saat Go Green

Penanaman tanaman Bakau pertama oleh PD III

Penanaman tanaman Bakau pertama oleh PD III

Peserta dan Undangan sedang menanam bakau

Peserta dan Undangan sedang menanam bakau

Peserta mulai menanam Tajir lalu dilanjutkan dengan penanaman bakau

Peserta mulai menanam ajir lalu dilanjutkan dengan penanaman bakau

Oleh : Winansari

Tinggalkan komentar