Home » Artikel » Gejala Flu Mengganggu Aktifitas? Tidak Lagi!

Gejala Flu Mengganggu Aktifitas? Tidak Lagi!

Memasuki musim pancaroba, fungsi daya tahan tubuh kita akan sangat mudah mengalami penurunan. Aktifitas sebagai mahasiswa yang menuntut aktifitas dan mobilitas tinggi sangat rentan mengalami kelelahan fisik yang akan berimbah pada daya tahan tubuh kita.

Hal ini menyebabkan virus seperti influenza lebih rentan untuk masuk ke tubuh. Sebelum penyakit ini menghambat aktifitas kita sehari-hari, ada lima tips yang mudah untuk dapat mengurangi gejala flu dengan cepat, dikutip dari Health Me Up.

  1. Obat Batuk yang Tepat

Ketika tenggorokan mulai gatal dan batuk mulai menyerang, segera minum obat batuk yang sesuai. Umumnya ada dua jenis obat batuk yaitu, untuk batu berdahak dan batuk tidak berdahak. Dengan memilih jenis yang tepat, maka penyembuhan pun akan lebih cepat.

 

  1. Makanan yang Hangat dan Pedas

Makanan pedas yang mengandung cabai, bawang putih, lada hitam dan rempah lainnya dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi produksi lendir, sehingga kita dapat lebih mudah bernafas. Perbanyak konsumsi makanan berkuah yang hangat, karena panas dapat membantu mengurangi bakteri berbahaya dalam tubuh.

 

  1. Uap Panas

Ini adalah pengobatan termudah yang dapat kita lakukan ketika sedang flu. Cukup siapkan air panas dalam sebuah baskom, kemudian tambahkan minyak aromaterapi untuk membantu menghilangkan lendir sehingga nafas terasa lebih lega.

 

  1. Perbanyak Buah dan Sayur

Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti buah dan sayuran hijau selain menjaga sistem pencernaan juga berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, konsumsi lebih banyak sayur dan buah juga berfungsi sebagai detoksifikasi, membuang racun dari dalam tubuh.

 

  1. Susu

Tubuh memerlukan nutrisi yang lebih ketika dalam keadaan sakit. Untuk itu, segelas susu hangat sangat disarankan untuk membuat tubuh lebih baik. Tambahkan pula satu sendok jahe bubuk untuk membantu melawan bakteri penyebab flu.

 

 

Sumber: wollipop.com

Oleh : @RizkAuliani

Edited by: @sitasaras @dedekfriday

Tinggalkan komentar