Home » Akademik » FK Unud Kembali Buka Tiga Jalur Masuk Bagi Siswa-Siswi Peminat

FK Unud Kembali Buka Tiga Jalur Masuk Bagi Siswa-Siswi Peminat

Tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) kembali membuka tiga jalur masuk bagi siswa-siswi SMA peminatnya, yaitu melalui jalur SNMPTN undangan, SNMPTN tulis, dan PMDK. Jalur pertama yang dapat diikuti adalah jalur SNMPTN undangan yang pengumumannya pada tanggal 28 Mei 2012, sedangkan untuk SNMPTN tulis akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juni 2012. Untuk PMDK yang merupakan jalur terakhir akan dilaksanakan sekitar bulan Juli setelah pelaksanaan penerimaan melalui jalur SNMPTN tulis.

Jalur yang saat ini prosesnya sedang berlangsung adalah jalur SNMPTN undangan. Jalur undangan adalah proses seleksi dengan mengundang siswa-siswi yang memiliki nilai rapor tinggi di sekolah dengan mempertimbangkan nilai rapor semester 3, 4 dan 5. Jalur ini merupakan jalur tanpa tes yang mulai diadakan oleh panitia SNMPTN pusat sejak tahun lalu. “SNMPTN undangan merupakan “jalan tol” bagi siswa-siswi berprestasi untuk bisa masuk di FK Unud,” ujar Dr. Dr. Putu Gede Adiatmika M.Kes. Akan tetapi, banyak yang salah mengira tentang jalur SNMPTN undangan ini. Banyak yang beranggapan bahwa siswa yang ikut jalur undangan pasti diterima. Padahal pada kenyataannya ada proses seleksi untuk jalur penerimaan undangan ini.

Untuk tahun ini mekanisme cara pendaftaran baik SNMPTN undangan, SNMPTN tulis ataupun PMDK semua melalui pendaftara online. Untuk biaya pendaftaran, untuk jalur SNMPTN kelompok ujian IPA dan kelompok IPS membayar biaya pendaftaran Rp. 150.000,00, sedangkan untuk IPC membayar Rp. 175.000,00. Untuk jalur PMDK sendiri, biaya pendaftarannya adalah Rp. 300.00,00.

Jika SNMPTN undangan merupakan jalur tanpa tes, jalur SNMPTN tulis dan PMDK merupakan jalur yang murni menggunakan tes sebagai acuan penerimaan. Untuk tes bidang studi IPA mata ujian yang diujiankan adalah matematika, biologi, kimia, dan fisika, sedangkan untuk IPS mata ujian yang diujiankan sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi. (Triana)


Nb.

Karena banyaknya permintaan contoh soal, contoh soal pmdk Universitas Udayana Tahun 2009 dapat didownload di: http://edmosphere.injeksionline.com/

dan Brosur Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dapat didownload di: klik disini (pdf)

Tinggalkan komentar