Don’t Calm : The Earth Need Your Help

Minggu, 26 Januari 2020, HUT KMPL FK Unud yang ke-8 dilaksanakan di Ruang Nusantara Gedung Agrokomplek Universitas Udayana. Kali ini KMPL mengusung tema Dont Calm : The earth Need your Help di mana lingkungan butuh tindakan dari kita yang nyata. Pembina KMPL mengatakan pada pembukaan HUT KMPL yang ke -8 ini “Kita perlu mengasah menggali, ilmu lingkungan, dan kita terapkan untuk pengelolaan lingkungan yang tepat. Di ulang tahun yang ke 8 saya berharap dari adik-adik untuk lebih peka melihat persoalan di sekitar kita.”

Menariknya dalam kegiatan ini seluruh konsumsi yang disediakan tidak menggunakan plastik, di mana pengurangan ini menjadi upaya kecil dalam menjaga lingkungan sekaligus menyukseskan peraturan pemerintah untuk mengurangi sampah plastik. Tidak hanya mengurangi penggunaan plastik, kali ini HUT KMPL mengadakan lomba dimana pengelolaan sampah plastik. Perlombaan diikuti oleh 5 tim. Sungguh menarik perhatian hasil-hasil karya peserta tersebut, sampah-sampah plastik ini mereka olah dengan begitu apiknya menjadi barang-barang yang kita gunakan sehari-hari.

Menurut Ari Dharma selaku ketua HUT KMPL FK Unud ke – 8 “Upaya ini akan meningkatkan eksistensi pemanfaatan sampah plastik, serta meningkatakan kesadaran masyarakat dalam pengurangan penggunaan plastik, dapat dilihat sepanjang jalannya acara kami tidak menggunakan plastik di bagian konsumsi serta minumannya, kami mewajibkan peserta yang hadir untuk membawa botol minuman dan kami sediakan galon air untuk mengisi ulang.” 

Melihat kegiatan ini berjalan dengan apik, bisa menjadi contoh untuk kegiatan-kegiatan yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana untuk mengurangi penggunaan plastik pada konsumsinya, marilah mengurangi penggunaan sampah plastik. Langkah kecil akan memberi dampak besar bagi lingkungan.

Foto Kegiatan HUT KMPL ke 8:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *