Home » Injeksi Post » DONOR DARAH: SEHATKAN ORANG LAIN, SEHATKAN DIRI SENDIRI

DONOR DARAH: SEHATKAN ORANG LAIN, SEHATKAN DIRI SENDIRI

image1

Hari ini, 14 Juni 2016 merupakan hari peringatan Donor Darah Internasional yang diperingati oleh seluruh negara di dunia. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kegiatan donor darah? dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Donor darah adalah proses menyalurkan darah atau produk berbasis darah dari satu orang ke sistem peredaran orang lainnya. Donor darah berhubungan dengan kondisi medis seperti kehilangan darah dalam jumlah besar disebabkan trauma, operasi, syok dan tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah Donor darah secara sederhana adalah penderma darah atau orang yang menyumbangkan darahnya untuk menolong orang lain yang memerlukannya. Pemberian darah yang ada pada tubuh manusia kepada orang lain sangat bermanfaat bagi kesehatan penerimanya

Ada banyak sekali manfaat donor darah bagi kesehatan, antara lain:

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung karena dengan donor darah, kadar Fe (besi) dalam darah menjadi berkurang. Pasalnya, jika kandung Fe teroksidasi dalam darah terlalu banyak, maka resiko terjadinya penyakit jantung koroner semakin meningkat.
  2. Status kesehatan seorang donor akan selalu terpantau setiap 3 bulan sekali. Itulah pentingnya mencantumkan alamat yang jelas di formulir pendaftaran donor darah, karena jika ada penyakit dalam darah, pendonr akan diberikan informasi tentang hal tersebut. Jika tidak ada informasi dari UTD/UDD, bisa karena donor darah lolos screening, atau sebetulnya tidak lolos screening, namun karena alamat tidak jelas maka tidak dapat diberikan informasi yang biasanya berupa surat dalam amplop tertutup dan bersifat rahasia.
  3. Perasaan puas secara psikologis karena dapat membantu orang lain
  4. Membantu proses pengurangan berat badan, karena donor darah itu dapat membakar kalori dalam tubuh (asal tidak makan berlebih setelah donor  ya)

Nah itu dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan donor darah, yuk donorkan sedikit darah anda karena dengan mendonorkan darah tidak hanya berpengaruh bagi orang lain, tetapi juga berpengaruh terhadap diri sendiri. Selama Hari Donor Darah Internasional!(grace).

Sumber: repository USU

Tinggalkan komentar