Home » Featured » Divergent, Cerita Penentuan Jati Diri

Divergent, Cerita Penentuan Jati Diri

Divergent_film_poster

Divergent Film Poster

Denpasar, injeksionline.com Film divergent merupakan film yang diangkat dari sebuah novel yang berjudul sama, divergent, karangan Veronica Roth dan diangkat menjadi film disutradarai oleh Neil Burger. Film ini mengisahkan tentang pembagian faksi yang ada, sehingga setiap penduduk disana bisa masuk dalam 5 faksi, yaitu abnegation (berarti tidak mementingkan diri sendiri), amity (kedamaian), candor (jujur), dauntless (berani), erudite (kepintaran). Ketika seseorang telah mencapai umur yang ditentukan, maka dia akan menjalani tes untuk menentukan kecocokan dalam faksinya, lahirnya seseorang dalam suatu faksi tidak berarti dia akan masuk ke dalam faksi tersebut, dia dapat berpindah faksi sesuai dengan kepribadian dan kemauannya.

Saat menentukan faksi, ada hal yang harus dilakukan untuk memperkenalkan dan mengetahui apakah seseorang kuat berada dalam faksi tersebut (seperti yang kita kenal dengan masa orientasi sekolah atau ospek), jika tidak maka dia akan keluar dan menjadi seorang yang tidak berfaksi.

Film ini menceritakan perjalanan hidup seorang wanita yang bernama Beatrice Prior, ia lahir di faksi abnegation namun tidak memiliki hasrat yang cocok dalam faksi tersebut. Hasilnya pun terlihat dalam hasil tes yang dilakukan, dia adalah seorang yang unik, karena dia dikatakan cocok dalam  beberapa faksi. Hal ini merupakan suatu hal yang tidak baik karena pada saat itu memiliki karakter yang lebih dari satu faksi atau disebut divergent merupakan ancaman. Ini yang membuat Beatrice Prior menjadi bimbang akan faksi yang cocok untuknya, sedangkan keesokan harinya adalah waktu untuk memilih faksi mana yang sesuai baginya walau itu berarti meninggalkan keluarganya..

Film ini kemudian mengisahkan bagaimana Beatrice Prior menjalani masa pengenalannya pada faksi pilihannya ditambah cara yang harus dia lakukan agar orang lain tidak mengetahui bahwa dia adalah seorang divergent. Fiilm ini dikemas dengan sangat baik dan menarik. Film ini juga mengisahkan perjuangan yang tidak kenal lelah, ketika merasa sebuah pilihan tersebut adalah pilihan yang tepat, maka harus diperjuangkan sekuat tenaga, tidak mudah menyerah. Esensi yang didapat dari film ini cocok untuk diterapkan dalam kehidupan kita, terlebih peran Beatrice Prior yang diperankan oleh Shailene Woodley. Perjuangannya dalam menghadapi setiap tantangan yang diberikan, masalah demi masalah yang ada dan bagaimana dia menemukan cinta dalam perjuangannya itu. Menghasilkan perpaduan yang baik dan menarik.

Ketika saya menonton film ini, saya merasa kagum karena film yang menarik ini dan film divergent ini benar-benar mengangkat cerita dari novelnya dengan sangat baik. Nilai kehidupan yang mampu dipetik dari film ini pun ada, seperti bagaimana perjuangan yang seharusnya dilakukan, tidak takut untuk berkorban khususnya ketika kita melihat orang yang menderita, jangan pernah menyerah dan yang paling membuat saya terkesima dari cerita divergent adalah bagaimana kita harus menentukan faksi di atas keluarga. Seseorang dapat meninggalkan keluarganya dan memilih faksi yang berbeda dari faksi dia dilahirkan, dan itu bukan merupakan hal yang mudah namun film ini memperlihatkan, walau meninggalkan keluarga bukanlah sebuah pilihan yang mudah kita harus mengejar apa yang kita cita-citakan, apa yang kita harapkan dan jangan menyerah saat kita mengejarnya. Ketika seorang memilih faksi dan dia menyerah dalam perjalanan sebelum menjadi keluarga dalam faksi itu, maka dia menjadi seorang tanpa faksi yang tinggal di gang-gang, tidak mempunyai rumah dan kehidupan yang layak. Demikian juga dengan kita, ketika kita menyerah di tengah pencapaian kita, maka kita bukanlah siapa-siapa. Satu pilihan dalam hidup dapat menentukan perbedaan besar dalam masa depan kita.

Cerita divergent merupakan cerita pertama dari triloginya. Setelah saya menonton film divergent ini saya sangat tertarik untuk membaca ketiga bukunya dan juga untuk menonton film selanjutnya. Film ini meninggalkan rasa penasaran untuk menantikan film selanjutnya.

Berita oleh : Jan Christian (@JanChrs)

Tinggalkan komentar