IT Pcyco/ July 22, 2018/ Artikel, Kesehatan/ 0 comments

Apa sih beras hitam itu? Beras ketan? Kok namanya aneh?

Pasti dari kalian banyak yang belum mengetahui tentang beras hitam, dan banyak juga yang mengira jika beras hitam itu adalah beras ketan. Kali ini, kami akan membahas berbagai manfaat beras hitam. Selain bagus bagi yang ingin diet, beras hitam juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja itu? Yuk, simak informasinya!

Beras hitam, atau Oryza Sativa L. Indica, adalah salah satu jenis beras dan menjadi makanan pokok yang kaya akan karbohidrat. Beras hitam memang jarang kita temui terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Beras hitam biasanya dikonsumsi oleh kalangan Keluarga Kerajaan pada jaman dahulu, dan saat itu adat istiadat Cina Kuno melarang masyarakat biasa untuk ikut mengkonsumsi Beras Hitam.

Beras Hitam memiliki tekstur yang sangat lengket dan rasanya gurih seperti kacang, dan biasanya beras hitam digunakan untuk membuat kue beras, mie, roti, dan masih banyak lagi. Berikut adapun manfaat yang terkandung didalam Beras Hitam yaitu:

  1. Mengandung Antioksidan Yang Tinggi

Kandungan antioksidan dari beras hitam itu sendiri sangat tinggi dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Menurut Zhimin XU seorang Profesor Teknologi Pangan di Lousiniaa State University, mengungkapkan bahwa dalam satu sendok makan nasi hitam telah mengandung antioksidan, serat, vitamin yang tinggi dibandingkan dengan blueberry.  Biasanya Beras Hitam sangat baik dikonsumsi saat diet, karena terbukti Beras Hitam bisa menurunkan kadar HDL atau Kolestrol baik.

  1. Sebagai Asupan Tinggi Protein

Jika mengkonsumsi beras hitam secara rutin, asupan protein Anda akan diperbaiki. Karbohidrat dalam semangkuk nasi hitam lebih rendah dibandingkan dengan semangkuk nasi merah. Untuk protein dan seratnya, beras hitam menduduki posisi tertinggi dibandingkan dengan jenis beras yang lain. Satu porsi dari beras hitam berukuran sekitar 100 gram, dan menyediakan hingga 17% asupan protein.

  1. Membantu Dalam Pelepasan Energi

Kandungan vitamin dari beras hitam mampu memberikan manfaat bagi tubuh untuk melepaskan energi lalu mengolahnya dengan efektif dan menggunakannya untuk beraktivitas. Sementara kandungan zat besinya akan membantu tubuh dalam memerangi sindrom letih, lelah, dan lesu pada tubuh.

  1. Membantu Detoks Hati

Beras hitam juga bisa berperan dalam mencegah pelemakan hati alkoholik. Hal tersebut disebabkan karena antioksidan yang tinggi dalam beras hitam. Hati merupakan organ terbesar dalam tubuh, serta bertanggung jawab mengubah nutrisi makanan menjadi energy yang nantinya akan digunakan oleh tubuh. Hati juga berperan dalam detoksifikasi tubuh sehingga akan menghilangkan zat beracun karena kandungan fitonutrien yang dengan signifikan dapat mengurangi stress oksidatif serta mampu memperbaiki masing – masing fungsi jaringan dan meningkatkannya.

  1. Membantu Melindungi Jantung

Beras hitam memiliki peran untuk mencegah tekanan darah tinggi serta menurunkan plak aterosklerotik pada pembuluh darah jantung.

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan
  2. Membantu Mencegah Diabetes
  3. Membantu Mengontrol Berat Badan
  4. Meningkatkan Ketajaman Fungsi Otak

 

Selain untuk kesehatan, beras hitam bisa bermanfaat untuk kecantikan. Berikut manfaatnya:

  1. Menjaga Kulit Tetap Halus

Dalam beras hitam mengandung vitamin E yang baik untuk menutrisi kulit Anda. Selain menutrisikan kulit, kandungan beras hitam juga bisa berfungsi untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit wajah, sehingga wajah akan lembap, tidak kering, dan lebih mulus.

  1. Membuat Wajah Tetap Awet Muda

Kandungan Antosianin yang berperan sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh dari pengaruh sinar UV dan paparan radikal bebas. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam beras hitam dapat memperlambat timbulnya keriput, serta memperlambat penuaan

  1. Membuat Wajah Terlihat Bersih
  2. Mencegah Wajah Dari Jerawat Dan Flek Hitam 
  3. Menghilangkan Komedo Dan Membuat Kulit Tampak Putih

Sumber artikel : 25 Manfaat dan Khasiat Beras Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping. 26 Maret 2018. https://www.manfaat.id/makanan/beras-hitam/#Kandungan_Gizi_dan_Nutrisi_Beras_Hitam ( Diakses pada pukul 11.35, Tanggal : 21 Juli 2018)

Tinggalkan komentar