Di Rumah saja, Tetap Pakai Sunscreen atau Tidak?

Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda, mengakitbatkan masyarakat harus mengurangi kegiatan di luar rumah. Meskipun pemerintah sudah mengintruksi diterapkannya new normal, namun tetap meminta kepada masyarakat yang masih bisa melakukan kegiatan dari rumah agar tetap meminimalisir kegiatan di luar rumah demi menurunkan penyebaran virus tersebut.

Lalu selama melakukan kegiatan di rumah, apakah Anda tetap menggunakan sunscreen atau tabir surya? Indonesia merupakan negara tropis yang setiap harinya disepanjang tahun akan menerima paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung sinar ultra violet atau UV yang sebenarnya membantu mensintesa vitamin D dan membunuh bakteri. Namun, paparan dalam jangka waktu yang lama dapat mrugikan manusia mulai dari kuit kemerahan, rasa terbakar, memicu katarak hingga menyebabkan kanker kulit.

Salah satu cara untuk menghindari akibat buruk dari paparan sinar UV adalah dengan melindungi tubuh dengan pakaian dan mengunakan tabir surya atau sunscreen. Penggunaan sunscreen tidak hanya ketika Anda berada di luar ruangan, tetapi juga pada saat di dalam ruangan. Selama di dalam ruangan, penting juga untuk menggunakan sunscren. Selagi ruangan tersebut mendapatkan sinar matahari, penting untuk Anda tetap menggunakan sunscreen.

Selain itu, pentingnya untuk megetahui takaran penggunaan sunscreen yang tepat agar penggunaannya bisa efektif dan bermanfaat.Pilih sunscreen dengan SPF yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda, gunakan sunscreen 15-30 menit sebelum keluar ruangan, gunakan sunscreen sebanyak ruas jari telunjuk dan jari tengah untuk wajah dan leher, untuk penggunaan tangan, kaki dan telinga menyesuaikan dengan kebutuhan, pastikan mengaplikasikannya pada semua area yang terbuka, dan lakukan pengaplikasian ulang setiap 4 jam. 

Oleh: Noviana Janet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *