Home » FK Unud » Clean and Green, Hantarkan RSP Unud Menuju Hospital Green

Clean and Green, Hantarkan RSP Unud Menuju Hospital Green

Senyum ceria para peserta saat menanam pohon_resized

Senyum ceria para peserta saat menanam pohon

Penurunan kualitas lingkungan menggugah masyarakat untuk melakukan berbagai aksi pelestarian. Berbagai upaya untuk menyelamatkan lingkungan dari jeratan global warming mulai digalakkan berbagai pihak. Sehubungan dengan hal tersebut, sebagai wujud kepedulian mahasiswa kedokteran Universitas Udayana terhadap lingkungan, maka diselenggarakan kegiatan Clean and Green sebagai salah satu rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke-52 Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran (BKFK) Universitas Udayana.

Clean and Green merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang rutin dilaksanakan untuk memeriahkan HUT BKFK. Ada yang berbeda pada konsep Clean and Green tahun ini. Kegiatan penghijauan kali ini dilaksanakan di seputaran Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Udayana yang berlokasi di Jalan Kampus Bukit Jimbaran.  Karena ada kendala cuaca, acara baru dibuka pada pukul 08.00 WITA yang seharusnya dimulai lebih dini, yakni pada pukul 06.30 WITA. Adapun rangkaian acara Clean and Green meliputi doa bersama, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia BKFK 52, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan Rektor Universitas Udayana yang sekaligus membuka acara ini. Perwakilan dari masing-masing organisasi mahasiswa  di Fakultas Kedokteran  Unud dan  para staf RSP Unud juga tak mau ketinggalan untuk ikut andil dalam kegiatan kali ini. Kemudian setelah acara pembukaan, seluruh hadirin langsung turun ke lapangan untuk melakukan aksi bersih dan penanaman pohon. Walaupun kondisi cuaca awalnya kurang mendukung, hal tersebut tak mengurangi semangat para panitia dan peserta untuk tetap melanjutkan aksi.

Dosen, staff, mahasiswa ikut terjun menanam pohon

Dosen, staff, mahasiswa ikut terjun menanam pohon

“Persiapan sudah dilaksanakan sejak tiga minggu lalu oleh para panitia pelaksana. Kegiatan Clean and Green ini bertujuan untuk melestarikan alam dan sebagai wujud realisasi kepedulian civitas akademika Fakultas Kedokteran terhadap lingkungan Universitas Udayana, khususnya kawasan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Udayana yang dalam tempo ke depan akan menjadi sarana pendidikan profesi dokter dan praktisi kesehatan lainnya”, ungkap Komang Ary Sandi selaku PIC Clean and Green tahun ini. Di sisi lain, pemilihan area Rumah Sakit Pendidikan Universitas Udayana sebagai tempat dilakukan Clean and Green tahun ini juga sekaligus bertujuan untuk memperkenalkan RSP Unud di kalangan mahasiswa, alumni, dan masyarakat sekitar, karena seperti yang kita ketahui RSP Unud sendiri juga baru dibuka sebagai salah satu rumah sakit yang berbasis pelayanan dan pendidikan. Melalui Clean and Green ini juga diharapkan RSP Unud dapat dikenal lebih luas dan dapat mengantarkan RSP Unud menjadi hospital green, sesuai dengan sambutan dari Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD KEMD.

Kegiatan Clean and Green tahun ini dibagi dalam dua tahap, yaitu pada Sabtu, 22 Februari 2014 dengan melaksanakan aksi bersih di seputaran RSP Universitas Udayana. Kemudian dilanjutkan pada tahap kedua yang dilaksanakan hari Jumat, 28 Februari 2014 dengan melaksanakan aksi bersih dan penghijauan di area yang sama. Pada kedua tahap ini, seluruh civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Udayana turut dilibatkan sebagai aksi solidaritas dan wujud kepedulian bersama.

Pada kegiatan Clean and Green kali ini, sebanyak 200 bibit pohon jati, 200 bibit mahoni, dan 200 bibit gamelina ditanam bersama-sama oleh segenap panitia dan peserta aksi Clean and Green beserta civitas Fakultas Kedokteran Universitas Udayana lainnya. Penanaman tiga jenis flora ini tersebar di berbagai sudut RSP Unud. Pihak panitia Clean and Green juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Badan Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) sebagai pemberi bantuan bibit-bibit pohon dan telah berkontribusi besar terhadap suksesnya pelaksanaan kegiatan Clean and Green BKFK ke-52.

Dengan dilaksanakan kegiatan sosial ini, diharapkan mampu menyadarkan rasa kepedulian seluruh civitas akademika Fakultas Kedokteran untuk terus menjaga kelestarian lingkungan, tak hanya di kampus sebagai tempat berlangsungnya proses pembelajaran, tapi juga di rumah, di tempat-tempat umum, dan lingkungan sekitar. Siapa lagi yang menjaga lingkungan kalau bukan kita? Ayo mulai lestarikan lingkungan dari saat ini untuk masa depan anak cucu kita nanti. Stop global warming, lantangkan GO GREEN!

Article by: D. Indrasuari dan @yuliantini_­

Tinggalkan komentar