Home » FK Unud » BSH 2012, Dedikasi Awal Mahasiswa Baru FK Unud Bagi Masyarakat

BSH 2012, Dedikasi Awal Mahasiswa Baru FK Unud Bagi Masyarakat

Denpasar-injeksi online. Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru dan Student  Day Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (PSFK Unud) tidak hanya diisi dengan pemberian materi perihal pengenalan system pembelajaran dan staff pembiming di FK Unud saja, tetapi juga dirangkaikan dengan sebuah kegiatan social yaitu Bakti Sosial  Hippocrates (BSH), yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 September 2012. BSH 2012  merupakan sebuah langkah awal bagi mahasiswa baru FK Unud dalam menunjukkan dedikasi mereka bagi lingkungan FK Unud dan bagi masyarakat.

Kegiatan BSH 2012 ini dimaksudkan sebagai suatu manifestasi dari salah satu tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian bagi masyarakat. Kegiatan ini dilakukan untuk melatih kemampuan mahasiswa baru FK Unud untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat, memberikan informasi dalam bentuk penyuluhan kesehatan, melakukan penelitian keadaan kesehatan masyarakat, juga melakukan bersih lingkungan. Dengan melibatkan 516 orang panitia disertai koordinasi dari coordinator sie bakti sosial, panitia, dan mahasiswa baru FK Unud, BSH 2012 ini dilaksanakan di pemukiman masyarakat Manik Saga, tepat di belakang kampus Unud Denpasar. “Tempat ini dipilih karena lokasinya yang memang dekat dengan kampus dan sudah merupakan agenda tahunan dilaksanakan disana”, tutur Ery, coordinator sie baksos PSFK 2012. “Mahasiswa baru kami bagi menjadi beberapa kelompok, beberapa kelompok bertanggung jawab melakukan penyuluhan tentang rabies, demam berdarah, dan pembagian bubuk abate pada tiap kepala keluarga. Sementara kelompok lainnya melaksanakan kegiatan bersih lingkungan pemukiman disana”, lanjut Ery menjelaskan teknis kegiatan BSH 2012. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, panitia BSH 2012 mendapatkan bantuan kerja sama dari Dinas Kesehatan dalam pemberian 1000 sachet bubuk abate yang dibagikan secara cuma-Cuma pada tiap kepala keluarga di pemukiman tersebut.

Antusiasme warga dan peserta BSH 2012 cukup baik dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan ini. “Salah satu kendala yang panitia temui adalah pelaksanaan kegiatan ini yang dilakukan pada hari kerja, sehingga ada beberapa kepala keluarga yang sibuk bekerja dan tidak mendapat penyuluhan kesehatan”, tutur Ery. “Semoga dengan mengikuti kegiatan BSH 2012 ini, mahasiswa baru FK Unud akan memperoleh pengalaman dalam berbagi informasi, berkomunikasi dengan masyarkat, dan menyampaikan informasi kesehatan pada masyarakat” lanjutnya. Kegiatan BSH 2012 ini sendiri nantinya akan dirangkaikan kembali dengan kegiatan BSH 2012 Ekstern yang dijadwalkan pada 6-7 Oktober 2012. (WayanDedek)

Tinggalkan komentar