Bosan selama #Dirumahaja? Yuk Lakukan Hal Bermanfaat Ini

Pandemi Covid-19 saat ini sedang melanda Indonesia, akibatnya pemerintah menginstuksikan agar masyarakat segera membatasi diri dari dunia luar dan mulai mengisolasi diri di rumah. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak tertular dan menularkan virus tersebut kepada orang lain. Banyak kalangan masyarakat mulai dari anak-anak sekolah, mahasiswa, dan para pekerja diarahkan untuk melakukan aktivitas secara online di rumah. Dengan adanya isolasi mandiri di rumah, kita semua dapat membantu beban tenaga kesehatan agar tidak banyak lagi masyarakat yang terinfeksi virus mematikan ini.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mulai bosan dengan keadaan ini dan justru menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat seperti rebahan dan bermain sosmed seharian di atas kasur. Nah, untuk kamu yang merasa bosan selama quarantine day ini, yuk simak tips berikut!

1.Mulailah ciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman

Selama sudah hampir sebulan ini, sudahkah kamu membersihkan rumah? Jika belum, mulailah membersihkan rumah minimal 3 kali seminggu. Hal ini bertujuan agar kita terhindar dari berbagai patogen penyebab penyakit yang bisa menempel dimanapun. Jangan sampai dengan adanya karantina di rumah kita justru menjadi sakit karena lingkungan yang tidak bersih. Oleh karena kita akan melakukan segala aktivitas di rumah, mulailah menciptakan lingkungan yang nyaman, seperti membersihkan kamar dan juga mempercantik kamar dengan dekorasi sesuai dengan kreativitas kalian. Dengan demikian kita akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di rumah

2. Jangan lupa menjaga kebersihan diri sendiri

Selama karantina ini kita harus selalu menjaga kebersihan, baik itu dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun dan juga mandi minimal 2 kali sehari. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat terbebas dari segala macam pathogen penyebab penyakit. Cuci tangan setelah melakukan kontak dengan orang lain, hewan, dan benda-benda kotor sangat perlu diterapkan. Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup sehingga kita perlu menggunakan sabun karena virus tersebut merupakan RNA dengan lapisan lipid bilayer. Dengan sabun lapisan lemak yang terkandung dalam virus tersebut dapat dilunturkan sehingga virus akan mati.

3. Wujudkan cita-cita #bodygoal2020 kalian dengan olahraga

Selama di rumah jangan buang waktu untuk bermalasan. Lakukan aktivitas fisik untuk membakar kalori agar metabolisme dapat berjalan lancar. Olahraga tidak hanya dilakukan di luar rumah saja, bahkan di situasi saat ini kita bisa melakukan olahraga ringan seperti lompat tali, dance cardio, push up, sit up dan lain sebagainya. Di youtube juga sudah ada berbagai video olahraga yang tentunya dapat menemani harimu dalam berolahraga di rumah, dengan demikian badan pun menjadi sehat dan lemak di badan akan luntur.

4. Berkreasi di dapur

Karantina dirumah, saatnya jadi chef di rumah! Di waktu yang banyak ini cobalah untuk memasak makananmu sendiri. Di media sosial sudah banyak resep masakan yang sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah. Dengan memasak makanan di rumah, kualitas dan kebersihan makanan tentu akan terjaga karena kita sendiri yang memasakknya. Jangan lupa untuk selalu makan makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan berlemak dan bergula tinggi karena tidak baik untuk tubuhmu.

5. Jangan lupa istirahat yang cukup

Memiliki waktu yang banyak di rumah, jangan sampai kita kekurangan waktu istirahat. Usahakan mengatur jadwal tidur yang baik agar tubuh dapat beristirahat yang cukup untuk menjalani hari-haru selanjutnya. Waktu ideal untuk beristirahat adala 6-8 jam dalam sehari. Dengan waktu istirahat yang cukup produktivitas tubuh juga akan baik.

6. Menjaga komunikasi dengan orang-orang, jangan menghilang!

Selama di rumah, jangan sampai lupa untuk berkomunikasi dengan orang lain seperti orang tua, adik atau kakak dan juga jangan sampai lupa berkabar dengan teman-teman di sekolah, kampus dan lainnya. Sesekali menanyakan kabar atau menanyakan perihal tugas sekolah melalui sosial media kepada teman akan membantumu agar tidak bosan di rumah dan tertinggal informasi penting.

7. Kembangkan diri dengan mempelajari hal baru

Memiliki banyak waktu saatnya untuk mengembangkan potensi yang kamu miliki. Lakukanlah hal yang membuatmu senang seperti melakukan hobi, belajar menggambar, belajar memasak, perkaya diri dengan membaca, belajar bahasa asing dan berbagai kegiatan lain yang tentu dapat menambah kualitas diri kamu.

Nah, sekarang sudah tidak bosan lagi bukan berada di rumah seharian? Semoga pandemi ini cepat berlalu agar semua lapisan masyarakat dapat kembali melakukan aktivitasnya dan kembali produktif. Ingat selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Semoga tips kali ini bermanfaat!

Oleh : Ni Putu Isma Yuniari

Sumber :

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … & Chen, L. K. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia7(1), 45-67.

https://m.medcom.id/rona/keluarga/0k8Z7qaN-survei-orang-yang-menyewa-rumah-sering-merasa-kesepian

One thought on “Bosan selama #Dirumahaja? Yuk Lakukan Hal Bermanfaat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *