Home » FK Unud » BLMML 2016 “TODAY’S LEARNERS, TOMORROW’S LEADERS”

BLMML 2016 “TODAY’S LEARNERS, TOMORROW’S LEADERS”

Para mahasiswa baru FK UNUD Angkatan 2016 mendengarkan materi dengan serius

Para mahasiswa baru FK UNUD Angkatan 2016 mendengarkan materi dengan serius

Basic Lesson on Mastering Management and Leadership (BLMML) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) BEM FK Unud. Tujuan dari BLMML setiap tahunnya sama, yaitu mengembangkan sumber daya manusia dengan memberikan pelatihan kepada para mahasiswa baru FK Unud dari berbagai program studi (Pendidikan Dokter, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Psikologi, Fisioterapi, dan Pendidikan Dokter Gigi) untuk mengasah skill kepemimpinannya agar nantinya dapat digunakan dalam berorganisasi di lingkungan FK Unud. Tema dari BLMML 2016 adalah “Today’s Learners, Tomorrow’s Leaders”.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan BLMML diawali dengan Technical Meeting pada awal September 2016. Setelah itu, rangkaian acara pertama dan kedua diisi dengan pre-test, pemberian materi yang berhubungan dengan urusan organisasi, seperti public speaking, bagaimana cara memimpin yang baik, pembuatan kajian dan aksi, proposal kegiatan dan sponsorship, dan sebagainya, serta post-test.

Yang berbeda dari BLMML 2016 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah Fiction. Fiction merupakan salah satu rangkaian kegiatan BLMML 2016 di mana para mahasiswa baru belajar membuat suatu kegiatan atau acara yang berhubungan dengan program studi yang ada di FK. Fiction mengajarkan bagaimana para mahasiswa baru mengorganisir suatu kegiatan, seperti membentuk kepanitiaan beserta job description­-nya masing-masing, membuat rundown acara, dan menyelenggarakan acaranya dengan baik dan lancar. Dalam pembuatannya, para mahasiswa baru dibantu oleh para fasilitator masing-masing kelompok. Nantinya, setiap kelompok mempresentasikan bagaimana rancangan kegiatan mereka dan dicari kelompok mana yang kegiatannya paling bagus di setiap ruangan. Setelah memilih kelompok yang membuat rancangan kegiatan paling bagus di masing-masing ruangan, kelompok tersebut wajib melakukan simulasi di ruangannya masing-masing dengan melibatkan anggota kelompoknya sebagai panitia, Setelah melakukan simulasi, nantinya akan dipilih ruangan mana yang mendapatkan Fiction terbaik sebagai tanda bukti bahwa kegiatan mana yang paling bagus.  Pada akhirnya, Fiction terbaik pada BLMML 2016 adalah dari Ruangan 1. Selain Fiction, yang berbeda dari BLMML tahun-tahun sebelumnya adalah Mars BLMML 2016. Mars BLMML 2016 merupakan inovasi baru yang dibuat panitia agar mahasiswa baru menjadi lebih relax saat di ruangan. Dalam mars ini, para mahasiwa baru dan panitia di masing-masing ruangan harus menyanyikan dan memperagakan gerakan-gerakan yang sudah dibuat oleh panitia. Para mahasiswa baru dan panitia saling membaur dalam memperagakan mars tersebut.

Setelah Fiction, diadakan simulasi kajian strategi dan aksi (Kastrat), dimana para mahasiswa baru diwajibkan untuk berlatih berorasi di muka umum tentang masalah-masalah yang ada di zaman modern ini. Para mahasiswa baru memilih siapa yang menjadi orator, negosiator, produksi, dan koordinator lapangan serta menyiapkan atribut, yel-yel dan naskah orasi. Lalu pada tanggal 2 Oktober kemarin, diadakan outbound yang bertujuan untuk melepaskan penat dan melatih kebersamaan para mahasiswa baru angkatan 2016. Setiap kelompok wajib memakai atribut yang menarik dan harus kompak, seperti mengenakan kresek sebagai baju dan memakai topi yang dibuat dari kertas. Tidak hanya itu, setiap kelompok juga wajib membuat yell-yell yang akan diperagakan kepada kelompok-kelompok yang lain. Lalu, rangkaian kegiatan BLMML 2016 akan dilanjutkan dengan acara Talkshow Leadership yang akan diadakan pada tanggal 8 Oktober mendatang. (kr)

pemberian materi di hari ke-2 BLMML 2016

pemberian materi di hari ke-2 BLMML 2016

BLMML 2016 dibuka oleh Wakil Dekan I FK UNUD KetuaBEM FK UNUD dan Ketua panitia BLMML 2016

BLMML 2016 dibuka oleh Wakil Dekan I FK UNUD KetuaBEM FK UNUD dan Ketua panitia BLMML 2016

kebersamaan para mahasiswa baruFK UNUD Angkatan 2016 dengan fasilitator

kebersamaan para mahasiswa baruFK UNUD Angkatan 2016 dengan fasilitator

Tinggalkan komentar