Home » FK Unud » BISS 2014, Penambah Wawasan Mahasiswa FK Mancanegara

BISS 2014, Penambah Wawasan Mahasiswa FK Mancanegara

Dede Frisky Wianjana selaku ketua BISS 2014

Dede Frisky Wianjana selaku ketua BISS 2014

Bali International Summer School 2014 atau yang disebut juga BISS 2014 merupakan program kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Departemen Hubungan Luar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK Unud setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan dilaksanakan selama seminggu yang akan diikuti oleh mahasiswa fakultas kedokteran dari berbagai negara. BISS awalnya merupakan proyek tender dari ISMKI yang dilanjutkan oleh BEM karena prospeknya yang bagus. Acara ini pertama kalinya diadakan pada tahun 2012, sehingga pelaksanaan tahun ini merupakan tahun ketiga diadakannya BISS.

Tema yang diangkat kali ini adalah “Knowing the Prevention of Tropical Diseases for Traveler through Socio-Culture Approach”. Menurut Dede Frisky selaku ketua BISS 2014, tema kali ini diambil karena Bali merupakan destinasi internasional dimana turis mendapatkan kesempatan untuk menikmati keindahan budayanya namun para turis juga ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai sesuai dengan kebutuhan mereka di Bali. Oleh karena itulah Departemen Hubungan Luar BEM FK Unud berusaha menambah wawasan para mahasiswa kedokteran dari daerah manapun dalam kegiatan ini, khususnya dalam masalah penyakit tropis.

Poster Bali International Summer School 2014

Poster Bali International Summer School 2014

Bali International Summer School 2014 akan diadakan pada tanggal 20 sampai 27 Agustus 2014 selama 8 hari. Kebanyakan kegiatannya mengambil tempat di gedung FK Unud dan beberapa tempat pariwisata seperti Ubud, Tanjung Benoa, kota Denpasar, dan beberapa tempat lainnya. Dilihat dari tahun sebelumnya, kebanyakkan pesertanya merupakan mahasiswa fakultas kedokteran dari dalam negeri, namun ada juga beberapa mahasiswa fakultas kedokteran dari luar negeri. Pada tahun ini Dede Frisky berharap agar lebih banyak lagi mahasiswa mancanegara yang mengikuti kegiatan ini.

Rangkaian acara yang akan di gelar selama BISS 2014 ini meliputi acara pembukaan, dimana panitia akan mempersembahkan acara sambutan sebelum berangkat menuju kegiatan utama. Kegiatan ini akan dilakukan di Ruang Teater Widya Sabha FK Unud. Melalui kegiatan ini peserta dapat melihat budaya Bali seperti tariannya pada saat acara pembukaan berlangsung. Kegiatan yang kedua adalah pemberian materi dan workshop, yang akan dilakukan di ruang kuliah dan para peserta akan mendapatkan materi tentang penyakit tropis. Ada juga kunjungan ke Obyek Wisata Kertalangu, yang merupakan salah satu kegiatan refreshment pada BISS 2014 ini, di obyek wisata tersebut peserta dipersilahkan melihat-lihat pemandangan yang ada di desa budaya Kertalangu, dan juga bisa mengambil foto.

Program yang tidak kalah serunya, yaitu kunjungan ke rumah sakit yaitu ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah. Kunjungan ini memilih RSUP Sanglah karena tentunya Sanglah merupakan rumah sakit di bawah pemerintah yang merupakan rumah sakit umum yang sangat baik pelayanannya di daerah Bali dan Nusa Tenggara. Disini para peserta akan belajar lebih lanjut mengenai materi yang sudah diberikan. Setelah kunjungan ke rumah sakit, peserta BISS 2014 akan mempresentasikan student project yang sudah ditugaskan sebelumnya di Monumen Bajra Sandhi.

Masih banyak lagi program yang akan dilaksanakan selama kegiatan Bali International Summer School 2014 berlangsung, seperti kunjungan sosial untuk membantu anak-anak yang cacat, berjalan-jalan ke Ubud, menikmati penampilan tari kecak, gathering night untuk saling mengakrabkan diri satu sama lain, dan masih banyak kegiatan menarik lainnya. Namun panitia tetap akan berusaha agar kegiatan ini tetap tidak melenceng dari temanya, yang bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa fakultas kedokteran yang mengikuti acara ini yaitu peserta dapat menambah ilmu sekaligus menikmati budaya Bali.

Kegiatan ini sudah dipersiapkan dengan sangat matang oleh para panitia penyelenggara. Dari persiapan awal seperti menentukan tanggal, mempersiapkan jadwal, semua dilakukan oleh panitia dengan harapan bahwa acara ini akan sukses terselenggara. Walaupun kegiatannya masih jauh, ketua dan panitia lainnya yang tidak kalah penting akan berusaha melakukan apa yang bisa dikerjakan untuk saat ini agar tidak keteteran. Saat ini promosi masih sangat gencar dilakukan. Pada akhir wawancara, Dede Frisky mengutarakan “Semoga kegiatan BISS 2014 ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, dengan peserta dari luar negeri yang bertambah dan acara dapat berjalan lancar.” (Inten)

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.balisummerschool.com

Tinggalkan komentar