Bingung Olah Bunga Valentine yang Hampir Layu? Yuk Lakukan Tips ini Sebelum “Dia” Semakin Parah!

Halo Sobat Injeksi… Tidak terasa kini kita telah menginjak bulan kasih sayang dengan tradisi yang identik dengan orang-orang yang gencar memberikan hadiah, seperti bunga mawar ataupun coklat. Sobat Injeksi pasti sudah tahu kalau hadiah pangan dapat dikonsumsi hingga batas aman. Lantas, bagaimana dengan bunga mawar? Disayangkan bukan, bila flora cantik itu harus lenyap dimangsa waktu? Nah, kali ini akan membahas tips nih mengenai pengolahan bunga mawar sebagai masker untuk mengatasi jerawat pada wajah. Sebelum menuju tips pembuatan masker, ketahui dulu yuk kandungan mawar yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat di wajah!

Kandungan bunga mawar, seperti efek farmakologis, mampu menurunkan peradangan serta membunuh bakteri penyebab jerawat, lho! Tak hanya itu, bunga mawar juga mengandung vitamin (K, B, dan C), antosianin, flavonoid, alkaloid, minyak atsiri, tanin serta protein. Sehingga, masker berbahan mawar dapat membantu dalam mengatasi jerawat, menghancurkan radikal bebas, dan inflamasi setelah terpapar sinar UV. Kandungan flavonoid yang tinggi juga dapat berfungsi sebagai antiperadangan, antialergi, anti virus, dan antioksidan. 

Lalu, bagaimana cara mengolah kelopak bunga mawar menjadi masker untuk mengatasi jerawat? Yuk disimak…

  1. Siapkan kelopak bunga mawar, air matang, blender, kuas, air hangat, dan mangkuk.
  2. Cuci kelopak bunga mawar hingga bersih.
  3. Haluskan kelopak bunga mawar dengan tambahan air matang menggunakan blender.
  4. Setelah halus, tuang kelopak mawar ke mangkuk dan aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-15 menit.
  5. Setelah kering, bilas dengan air hangat.

Setelah menggunakan masker ini, kulit akan terasa lebih lembab karena kandungan minyak atsiri bunga mawar. Selain itu, apabila digunakan secara rutin (dua kali dalam seminggu) masker ini perlahan akan mengatasi jerawat. 

Nah, kini Sobat Injeksi pahamkan mengenai pengolahan bunga mawar menjadi masker untuk mengatasi jerawat? Jangan lupa bagikan pengalaman Sobat Injeksi di kolom komentar ya setelah menggunakan masker ini. Ingat, sharing is caring!

Penulis artikel: Monica 

Redaktur: Klara

Editor: Adinia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *