Berita Acara: Upgrading Kelompok Ilmiah Hippocrates 2020

Pada tanggal 29 Agustus 2020 telah berlangsung acara Upgrading BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi yang mengharuskan untuk tetap di rumah dan larangan untuk tidak mengadakan acara yang mengundang khalayak banyak, maka untuk pertama kalinya acara Upgrading BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dilaksanakan secara online melalui aplikasi cisco webex. Kegitatan ini dimulai dari pukul 09.30 – 13.40 Wita yang diikuti oleh seluruh pengurus BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Kabinet Plexus periode 2020/2021 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Upgrading tahun ini mengangkat tema “Learn Together to Escalate Our Unity”. Berdasarkan hasil wawancara oleh ketua Upgrading BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun ini, Desak Putu Rizka Dewayanti Kepakisan, mengatakan tema ini dipilih dengan tujuan untuk menekankan konsep saling belajar bersama baik dalam bidang ilmiah, organisasi maupun jurnal essential agar dapat berkembang serta meningkatkan kinerja tim atau kepengurusan dari segala aspek.

Adapun acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC, doa, sambutan-sambutan, pembukaan resmi oleh Pembina BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yakni Dr. dr. Desak Made Wihandani, M.Kes., lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama tentang teknis organisasi Kelompok Ilmiah Hippocrates oleh Ni Made Wini Jayesthiwi Wanami Putri dan pemaparan materi kedua tentang pengembangan softskill oleh Gede Setula Narayana. Setelah agenda tersebut selesai para peserta kemudian dimobilisasi untuk memasuki room webex masing-masing divisi untuk mengadakan sharing session bersama inti.

Kemudian keesokan harinya pada tanggal 30 Agustus 2020 dilaksanakan acara Ground Zero Meeting yang masih merupakan rangkaian acara Upgrading BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun 2020. Dimana agenda pada acara ini terdiri dari presentasi program kerja dari masing-masing divisi, sharing session Pembina BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang kali ini diisi oleh Dr. dr. Dyah Kanya Wati, Sp.A(K), Dr. dr. Ni Nengah Dwi Fatmawati, Sp. MK, Ph.D., dan Ns. Ni Putu Emy Darmayanti, M.Kep. yang membahas pendapat pembina tentang anggota Kelompok Ilmiah Hippocrates dan memberikan pesan serta wejangan untuk para anggota dan pengurus dalam menjalankan kepengurusan BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Kabinet Plexus nantinya. Kemudian dipengujung acara terdapat sesi penyampaian kesan dan pesan yang disampaikan oleh Sadhu dari Staff Divisi PSDM dan Iin dari Divisi Esai sebagai kepala divisi.

Walaupun acara upgrading pertama kali diadakan secara online, Desak Putu Rizka Dewayanti Kepakisan sebagai ketua acara tersebut mengaku tidak terdapat hambatan yang begitu besar karena dari panitia sendiri sudah benar-benar komprehensif untuk menyusun dan menyiapkan acara. Hambatan yang ada hanya dari penggunaan platform room meeting yang beberapa sudah ada limitnya, sehingga diharuskan untuk meminjam ke BEM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan selebihnya ia dan panitia mengaku tidak ada hambatan karena sudah melihat proker-proker sebelumnya yang sudah dijalankan secara online yang dijadikan acuan untuk membantu dan memperlancar acara.

Dan terakhir Desak sebagai ketua juga menyampaikan kesannya atas berlangsungnya acara upgrading selama dua hari ini yang diniliainya sudah berjalan dengan lancar dan sukses. Ia juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh panitia yang sudah berkontribusi untuk acara Upgrading BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas tahun 2020 serta harapannya semoga apa yang telah diberikan dalam acara upgrading tahun ini dapat memberikan pengalaman bagi panitia dan pengurus BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates Kabinet Plexus sehingga dapat meningkatkan semangat yang dapat memperlancar dan membuat BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates lebih baik lagi.

Narasumber     : Desak Putu Rizka Dewayanti Kepakisan

Penulis             : Luh Komang Tresia Putri Wulandari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *