BERITA ACARA STUDENT DAY FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA 2020

Tahun ajaran baru 2020/2021 telah dimulai dan saatnya program kerja tahunan dilaksanakan kembali untuk meregenerasi penerus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Salah satu upaya regenerasi tersebut dilaksanakan melalui pengenalan terhadap kehidupan kampus di Fakultas Kedokteran Univesitas Udayana yang dituangkan melalui Student Day Fakultas Kedokteran atau yang dikenal sebagai SDFK.

            Keunikan yang terjadi pada SDFK tahun ini adalah diselenggarakan pada masa pandemi Covid-19 yang belum menemui titik akhir. Berdasarkan hal tersebut, SDFK dilaksanakan secara online yang mengharuskan panitia dan peserta tidak bisa bertatap muka secara langsung. Seluruh rangkaian acara SDFK yang dilaksanakan pada Selasa, 12 September 2020 dilaksanakan secara online melalui platform Cisco Webex Meetings.

SDFK tahun 2020 mengangkat tema “Mewujudkan Mahasiswa yang Proaktif, Berbudaya, dan Cinta Almamater”. Tema ini diangkat berdasarkan tiga haluan, yaitu interaktif, memorable, dan penanaman nilai cinta almamater. Perwujudan ketiga haluan ini menjadi landasan diterapkannya setiap rangkaian acara SDFK yang saling mengaitkan antara peserta interaktif yang membentuk proaktif, acara memorable yang memberi nilai-nilai, dan penanaman rasa cinta almamater.

            Peserta SDFK tahun 2020 mencapai 704 mahasiswa yang terdiri atas mahasiswa baru danmahasiswa lama yang belum mengikuti SDFK pada tahun sebelumnya. Mereka tersebar ke enam program studi yang bernaung di FK Unud, antara lain PSSKPD, PSSKGPDG, PSSKPN, PSSFPF, PSSKM, dan PSSP. Seluruh peserta mengikuti rangkaian acara SDFK dari pukul 08:00-17:00 WITA.

Rangkaian acara SDFK tahun 2020terbagi atas dua agenda besar, yakni agenda tingkat fakultas dan program studi. Agenda fakultas adalah pengenalan organisasi yang bernaung di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, yaitu Lembaga Mahasiswa Fakultas Kedokteran (LMFK) dan Badan Semi Otonom (BSO). Pengenakan LMFK dilakukan oleh ketua organisasi terkait yang terdiri atas Badan Eksekutif Mahasiswa FK Unud, Badan Perwakilan Mahasiswa FK Unud, Badan Pekerja FK Unud, dan Lembaga Pers Mahasiswa Press and Cyber Community FK Unud. Kemudian, dilanjutkan dengan pengenalan BSO yang terdiri atas TBM Janar D?ta,  KMPA, KIH, Kompak, dan KMPL.Selanjutnya, peserta SDFK akan melakukan transisi ruang Webex untuk mengikuti agenda SDFK tingkat program studi. Pada tingkat ini, peserta mendapat pengenalan angkatan, organisasi Himpunan Mahasiswa, dan Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis.

Melihat dari sudut pandang panitia, terdapat hambatan, kesan, dan pesan yang dirasakan oleh ketua panitia pelaksana SDFK 2020. Menurut ketua organizing committee SDFK 2020, saudara Ajib Zaim Alamsyah, hambatan yang dirasakan panitia adalah perihal komunikasi dan bonding yang relatif minim dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang mempersulit panitia bertemu tatap muka. Kepada seluruh panitia SDFK tahun 2020, saudara Ajib mengatakan bahwan dirinya sangat terbantu dalam kepanitiaan ini, mengingat angkatan 2018 yang memegang kepanitiaan sudah paham betul bagaimana proses berkepanitiaan sehingga hambatan yang ada dapat teratasi dengan baik. Selain itu, sebagai ketua pelaksana, saudara Ajib mengaku banyak pelajaran dan nilai yang didapat selama kepanitiaan SDFK 2020 berlangsung

Di sisi lain, terdapat harapan yang ingin disampaikan saudara AjibZaim Alamsyah kepada seluruh peserta SDFK 2020. Beliau menyatakan bahwa SDFK 2020 hanya sebagai gerbang awal dan tutorial sebagai langkah awal untuk berkehidupan kuliah di FK Unud. Saudara Ajib berharap bahwa SDFK ini menjadi titik awal para peserta untuk belajar dan memulai proses pengembangan diri sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Narasumber     : Ajib Zaim Alamsyah

Penulis             : I Gede Suka Merta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *