Berita Acara Sosialisasi Peningkatan Peringkat Webometrix Universitas Udayana

Rabu, 20 Mei 2020 dilaksanakan sosialisasi untuk menindaklanjuti surat edaran Rektor Universitas Udayana Nomor 12/UN14/SE/2020 tentang peningkatan peringkat Webometrix Universitas Udayana oleh pihak Rektorat Universitas Udayana. Sosialisasi ini dilaksanakan dari pukul 13:00-16:00 WITA. Sosialisasi ini ditujukan kepada Ketua dan Sekretaris Unit Pengelola atau Pengembangan Kegiatan Kemahasiswaan serta Ketua dan Sekretaris Organisasi Kemahasiswaan. Sosialisasi ini dilaksanakan secara webinar melalui aplikasi Cisco Webex Meetings. Adapun topik yang dibahas pada webinar ini adalah penambahan backlink Unud, upload konten atau video di media sosial, dan penulisan artikel ilmiah populer.
Sosialisasi kali ini dimoderatori oleh Gede Sukadarmika, ST., MSc. selaku host meeting room Cisco Webex Meetings. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Made Sudarma, M.S. dengan menyampaikan pentingnya peringkat Webometrix Universitas Udayana. Agenda pertama diawali dengan penyampaian materi webinar oleh Dr. dr. Desak Made Wihandani, M. Kes. Materi yang disampaikan beliau terkait dengan artikel ilmiah populer. Beliau memaparkan teknik penulisan artikel ilmiah populer disertai contoh tulisan hasil karya dosen Universitas Udayana yang dimuat di berbagai media lokal maupun nasional.
Agenda kedua adalah penyampaian materi oleh Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sucipta, M.P. beliau menyampaikan materi terkait bagaimana penulisan yang baik pada artikel ilmiah populer. Agenda ketiga adalah penyampaian materi oleh I Made Widiartha, S.Si., M.Kom. dari USDI. Materi yang disampaikan beliau terkait dengan penambahan tautan website Unud pada akun media sosial sebagai upaya peningkatan peringkat Webometrix Universitas Udayana. Agenda keempat dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan, S.Kom., M.Cs. Topik yang dibahas oleh beliau adalah bagaimana antusiasme menulis dan meningkatkan aksesibilitas tulisan pada mesin pencari di lingkup Universitas Udayana.
Acara sosialisasi terkait peningkatan peningkatan Webometrix Universitas Udayana diakhiri dengan agenda diskusi antarpeserta. Penutupan sosialisasi dilakukan dengan penyampaian pesan kepada seluruh peserta dan ditutup secara resmi oleh moderator sosialisasi. Seluruh materi sosialisasi dapat diakses melalui link https://bit.ly/3bOMLuZ.

Penulis : I Gede Suka Merta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *