BERITA ACARA : SEPSIS (SEMINAR DAN WORKSHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH) 2020

Telah dilaksanakan webinar SEPSIS (Seminar dan Workshop Penyusunan Karya Tulis Ilmiah) 2020 pada tanggal 21 – 22 November 2020 secara daring via Cisco Webex. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Semi Otonom Kelompok Ilmiah Hippocrates FK Unud tersebut mengusung tema “Opportunities Exploration: Updating Scientific Culture Beyond Limitations”. Kegiatan terdiri atas dua sesi yaitu Beginnner yang ditujukan untuk kalangan SMA serta Advanced untuk kalangan mahasiswa yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 – 29 November 2020. Adapun tujuan diadakannya webinar tersebut ialah untuk sharing informasi dan ilmu terkait penyusunan karya tulis ilmiah dan juga menyebarluaskan atmosfer keilmiahan pada kalangan SMA maupun mahasiswa.

Kegiatan webinar pada hari Sabtu, 21 November 2020 dimulai pada pukul 08.30 WITA yang kemudian diisi pemaparan materi pertama oleh dr. Made Lady Adelaida Purwanta, S. Ked., dengan judul “Go To The Next Level of Scientific Writing.” serta pemaparan materi kedua oleh dr. I Putu Yuda Prabawa, S. Ked., M. Biomed., dengan judul materi “Strategi Pemanfaatan Peluang Menulis Literature Review Pada Era Pandemi.”. Kegiatan webinar tersebut dihadiri 47 orang peserta dan diakhiri pukul 12.00 WITA.

Selanjutnya kegiatan workshop pada hari Minggu, 22 November 2020 dimulai pukul 08.30 WITA yang diisi pemaparan materi oleh dr. Agus Eka Darwinata, S. Ked., Ph.D, dengan judul materi “Sistem Sitasi-Referensi Harvard dan Vancouver & Penggunaan Mendeley Dalam Pembuatan Daftar Pustaka.”. Kegiatan workshop dihadiri 20 orang peserta dan diakhiri pukul 12.30 WITA.

I Gusti Ayu Candra Dewi, selaku Ketua Panitia dari webinar SEPSIS berkesan bahwa ia sangat bersyukur oleh karena di era pandemi saat ini masih bisa mengadakan kegiatan webinar dengan tujuan untuk berbagi dan sharing ilmu kepada semua peserta. Ia juga berterima kasih kepada seluruh panitia yang bertugas serta pembicara yang bersedia meluangkan waktunya untuk mengisi kegiatan webinar dan workshop yang telah terlaksana. Candra juga berharap untuk kegiatan webinar dan workshop SEPSIS sesi kedua di tanggal 28-29 November 2020 nanti dapat berjalan dengan baik serta peserta yang lebih banyak.

Penulis : Talita Tamariska Winarno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *